Empat Perawat RICU RSUZA Positif Covid-19, Diduga Terpapar dari Pasien

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Empat perawat Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh yang bertugas di ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) dilaporkan positif terpapar covid-19 atau virus corona.

Empat perawat ini diduga terpapar Covid-19 ketika merawat pasien berinisial Suk (63) warga asal Berandan, Sumatera Barat yang awalnya mengeluh, keluhan penyakit Pneumonia, Diabetes mellitus (DM), Tuberkulosis (TBC) namun hasil swab covid ternyata terapapar virus corona.

“Kita akan melakukan tracing dan uji swab terhadap semua petugas medis yang merawat dan pernah kontak dengan almarhum,” ujar Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUDZA) Banda Aceh, Azharuddin kepada wartawan, Minggu (21/6).

Sebelumnya, warga Pangkalan Brandan, Sumut, inisial Suk (63) masuk RSUZA pada 16 Juni ketika itu, keluhannya sesak napas namu almarhum mempunyai penyakit penyerta radang paru-paru dan diabetes mellitus. Hasil swab-nya pada hari itu menunjukkan bahwa Suk positif Covid-19.

Hanya sehari dirawat sebagai pasien Covid-19, Suk meninggal dunia pada hari ini, Rabu (17/6/2020) sekitar pukul 12.00 WIB di RICU RSUZA Banda Aceh.

Kini empat perawat yang diduga merawat dan kontak langsung dengan almarhum terpapar virus corona dan akan dilakukan pelacakan terhadap tenaga medis yang merawat dan kontak langsung dengan almarhum guna mengantisipasi penyebaran virus corona ini di Aceh. (*)