Ekonomi Morat-marit, PSK Ramai-ramai Demo Rumah Bordil Dibuka Kembali

Ekonomi Morat-Marit, PSK Ramai-Ramai Demo Rumah Bordil Dibuka Kembali

ACEHSATU.COM | HAMBURG – Sejumlah pekerja seks komersial (PSK) yang ada di Kota Hamburg, Jerman menggelar aksi demonstrasi pada Sabtu malam waktu setempat.

Mereka menyuarakan kondisi ekonomi sulit akibat ketiadaan pekerjaan dengan menuntut agar rumah bordil kembali dibuka.

Melansir laporan media, banyak dari para pekerja seks komersial ini kehilangan mata pencarian dan dikucilkan selama pandemi Covid-19, kendati mereka tidak memiliki risiko kesehatan yang lebih besar.

“PSK melakukan aksi unjuk rasa di Hamburg, menuntut agar rumah bordil diizinkan dibuka kembali setelah berbulan-bulan ditutup untuk mencegah penularan virus Corona,” demikian laporan Reuters, dikutip dari CNBC Indoenesia Senin (13/7/2020).

Pasalnya, dengan penutupan rumah bordil terus-menerus akan memaksa sejumlah PSK turun ke jalan yang ilegal yang tentunya akan lebih berisiko secara kesehatan karena tidak higienis.

“Profesi tertua membutuhkan bantuanmu,” bunyi poster yang digenggam wanita yang menggelar unjuk rasa di sebuah rumah bordil di Herbertstrasse.

Dalam aksinya, para pengunjuk rasa juga mengenakan topeng teater sementara yang lainnya memainkan lagu-lagu rakyat pada biola, di sudut jalan Reeperbahn yang terkenal dengan kehidupan malamnya itu.

Dikatakan asosiasi, mereka juga memastikan akan menerapkan sejumlah protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker wajah, tempat ventilasi dan merekam rincian kontak pengunjung.

“Prostitusi tidak membawa risiko infeksi yang lebih besar daripada layanan lainnya, seperti pijat, kosmetik atau olahraga lainnya yang melakukan kontak fisik.

“Kebersihan adalah bagian dari bisnis prostitusi,” kata asosiasi itu dalam sebuah pernyataan. (*)