Dua Anggota Pramuka Kwarcab Pijay Lolos ke Jambore Dunia di Korsel

Khairan Rafi dan Kasratul Amalia merupakan anak didik pada Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Jeumala Amal-Luengputu Kecamatan Bandarbaru.
Mualem dan Ramli MS
Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Provinsi Aceh Muzakir Manaf dan Bupati Aceh Barat Ramli MS terlihat semakin ‘mesra’, ketika keduanya menghadiri Jambore Pramuka 2021 di Taman Hutan Kota Langsa Aceh, Sabtu (25/9/2021). (ANTARA/HO-Dok. Pemkab Aceh Barat/Hayatullah Fajri)

ACEHSATU.COM | PIDIE JAYA – Dua Anggota Pramuka Kwarcab Pijay Lolos ke Jambore Dunia di Korsel. Dua anggota pramuka kwartir cabang (Kwarcab) Pidie Jaya lolos ke Jambore Dunia yang dijadwalkan akan digelar Agustus tahun ini di Korea Selatan.

Kedua mereka adalah, “Khairan Rafi dan Kasratul Amalia.”

Seleksi pemilihan duta Aceh dilaksanakan 29-31 Januari 2022 lalu di Kwartir Daerah (Kwarda) Aceh-Banda Aceh. Ajang tersebut, Pijay mengirimkan empat orang calon.

Wakil Ketua Bina Muda Kwartir Pramuka Pidie Jaya, Islamuddin MPd, kepada Acehsatu.com menyebutkan, Khairan Rafi dan Kasratul Amalia merupakan anak didik pada Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Jeumala Amal-Luengputu Kecamatan Bandarbaru.

Hanya alamat orangtuanya (tempat tinggal berbeda. Khairan tinggal di Meureudu, sedang Kasratul berdomisili di Ulee Gle Kecamatan Bandardua.

Pada seleksi tersebut, lanjut Islamuddin yang juga Kabag Sosial (Kabagsos) dan Keistimewaan Setdakab setempat, Pramuka Kwarcab Pidie Jaya mengirimkan empat orang peserta.

Hasil seleksi, dua orang diantaranya dinyatakan lulusn sekaligus calon peserta pada Jambore Dunia Agustus 2023 mendatang di Korea Selatan. “Alhamdulillah, dua orang dari Pijay lolos,” sebut Islamuddin dengan perasaan lega.

Keduanya lolos setelah menempuh perjuangan berat pada seleksi yang digelar di Banda Aceh. Kedua penggalang pramuka Pijay ke Korea Selatan akan didampingi Azizah S,Pd. M,Ed dan Cut Matdhiani SPd,I.

Bahkan, Ketua Kwarcab Pramuka, Dr H Said Mulyadi SE, MSi yang juga Wabup Pidie Jaya direncanakan bakal menghadiri even tingkat dunia disana. Rencananya, Waled juga ikut kesana, imbuh Islamuddin.

Selain Itu Piidie Jaya Juga Unggul Dalam Penggemukan Sapi Yang di Kenal Sebagai Desa Ternak

Dayah Usen dan Mancang, Gampong Ternak Sapi Kabupaten Pijay. Selain bertani, mayoritas penduduk Gampong Dayah Usen Kemukiman Kuta Baroh Kecamatan Meurahdua, Pidie Jaya, mengandalkan pendapatan dari hasil ternak khususnya sapi. Pemeliharaan ternak besar sudah digeluti.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Masyarakat Peteriner (Kesmapet), drh Amirullah, yang dikonfirmasi wartawan harian ini membenarkan, Dayah Usen adalah Gampong Penggemukan Sapi di Pijay. Betapa tidak, hampir semua KK di desa tersebut bergelut dengan usaha pemeliharaan sapi.