dr Tirta Bahas Aliansi Dokter Dunia: Absurdnya Kayak Sunda Empire

Viralnya video Aliansi Dokter Dunia masih saja jadi perbincangan. Dalam tayangan Instagram Live, influencer dr Tirta Mandira Hudhi membedah organisasi tersebut bersama koleganya, dr Adam Prabata.

ACEHSATU.COM Viralnya video Aliansi Dokter Dunia masih saja jadi perbincangan. Dalam tayangan Instagram Live, influencer dr Tirta Mandira Hudhi membedah organisasi tersebut bersama koleganya, dr Adam Prabata.

Influencer dr Tirta Mandira Hudhi membahas Aliansi Dokter Dunia (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)

dr Adam yang merupakan kandidat doktor di Kobe University menyebut ada banyak catatan untuk organisasi Aliansi Dokter Dunia atau World Doctor Alliance tersebut. Salah satunya tentang sosok-sosok penggeraknya yang memang banyak terjerat masalah.

Dicontohkan, salah satunya adalah Dr Mohammad Adil asal Pakistan yang bekerja di Inggris. Dalam video yang viral, ia mengklaim dirinya sudah berkarier 30 tahun sebagai ahli bedah yang tidak pernah melakukan kesalahan.

“Ternyata dia sekarang dapat interim suspension. Izin praktiknya nggak boleh sementara, 12 bulan,” kata dr Adam, seperti dikutip detik.com dari Live IG bersama dr Tirta, Selasa (27/10/2020).

Perihal pembekuan izin praktik Dr Adil tersebut termuat juga dalam the British Medical Journal (BMJ). Di satu artikel, dijelaskan bahwa Dr Adil mendapat pencekalan oleh GMC (General Medical Council) terkait unggahan video hoax tentang COVID-19 di media sosial.

Sosok lain di Aliansi Dokter Dunia yang juga dibahas adalah Dr Andrew Kaufman, yang juga sempat ramai diperbincangkan karena meragukan tes COVID-19. Ia menilai 90 persen hasil positif pada tes PCR (polymerase chain reaction) adalah ‘false positive’ karena virus tidak dimurnikan dari exosome.

“Kaufman itu absurdnya kaya Sunda Empire,” kata dr Tirta. (*)