DPRA Diminta Serius Tindaklanjuti Kasus Tumpahan Batu Bara di Aceh Barat

ACEHSATU.COM | ACEH BARAT – Yayasan Apel Green Aceh meminta DPRA serius dalam menindak lanjuti kasus tumpahan batu bara yang terjadi di Aceh Barat. Sebelumnya, tim Pansus DPRA yang diketuai oleh Tarmizi sudah melakukan pemantauan langsung terhadap tumpahan batu bara di Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat pada 1 April 2023. Direktur Apel Green … Read more

ACEHSATU.COM | ACEH BARAT – Yayasan Apel Green Aceh meminta DPRA serius dalam menindak lanjuti kasus tumpahan batu bara yang terjadi di Aceh Barat.

Sebelumnya, tim Pansus DPRA yang diketuai oleh Tarmizi sudah melakukan pemantauan langsung terhadap tumpahan batu bara di Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat pada 1 April 2023.

Direktur Apel Green Aceh, Syukur Tadu meminta agar tim Pansus DPRA segera menyurati tim PPLH untuk melakukan audit lingkungan pada PT. MIFA Bersaudara dan juga PLTU 1 dan 2 yang mempunyai batu bara.

Sehingga semua tahu siapa yang bersalah atas tumpahan batu bara di pantai tersebut.

BACA: Dugaan Pencemaran Limbah Batu Bara di Sepanjang Bibir Pantai, Polres Aceh Barat Lakukan Penyelidikan

“DPRA juga harus menyurati Gakkum KLHK dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh untuk turun ke lapangan supaya permasalahan tumpahan batu bara ditangani secara serius.”

“Kita menduga tidak ada keseriusan terhadap permasalahan pencemaran laut, ini menjadi hal urgensi bahwa kerusakan alam ini besar dan pemerintah harus lebih tegas dalam menyikapi permasalahan ini,” ungkap Syukur Tadu, Senin (3/4/2023).

BACA JUGA: Ini Respon PT Mifa Bersaudara soal Dua Tangki BBM Ilegal Ditangkap Polda Aceh

Ia juga mengatakan, peninjauan yang dilakukan oleh Ketua Tim Pansus DPRA jangan hanya menjadi pemantauan seremonial belaka, tetapi ada tindak lanjut yang tepat dan jelas.

“Kedatangan tim Pansus DPRA ini jangan hanya sekedar seremonial seperti kedatangan Komisi III DPR RI terkait kasus tongkang yang hingga saat ini belum ada kejelasannya,” katanya.

BACA: PT Mifa Bersaudara Tanggung Biaya Upah Warga Bersihan Batu Bara yang Tumpah di Pantai Aceh Barat

Syukur menegaskan, pemerintah harus lebih serius menindak pelaku pencemaran batu bara karena dampaknya tidak hanya bagi biota laut namun juga bagi kehidupan masyarakat. (*)

AcehSatu Network
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Optio, neque qui velit. Magni dolorum quidem ipsam eligendi, totam, facilis laudantium cum accusamus ullam voluptatibus commodi numquam, error, est. Ea, consequatur.