Dosen Unsam Ajari Warga Cara Mengawetkan Ikan Bandeng Tanpa Duri, Segini Nilai Jualnya

“Kita mengefektifkan proses produksi, dan mengurangi kontaminasi lingkungan luar dalam proses penyimpanan,” Dosen Teknik Unsam, Yusnawati ST MT
mengawetkan ikan
Pembersihan ikan bandeng dari duri sebelum diawetkan di freezer milik Koperasi Muara Tanjung Gampong Tanjung Minjei, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur. Senin (29/8/2022) acehsatu.com/ist

ACEHSATU.COM [ ACEH TIMUR – Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Samudra (Unsam) Langsa mengajari warga di Gampong Tanjung Minjei, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur cara mengawetkan ikan bandeng tanpa duri agar dapat bertahan dalam waktu yang lama dan tetap hygienis.

Pengawetan ikan bandeng tanpa duri dilakukan Koperasi Muara Tanjung desa setempat dan kemudian dijual dengan harga per ekor Rp 15.000 .

Cara pengawetan ikan bandeng ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan tiga dosen Fakultas Teknik Unsam, Yusnawati ST MT, Muslimah SSi MSi  dan Puji Wahyuningsih SSi MSc. Senin (30/8/2022)     .  

Ketua pengabdian Masyarakat, Yusnawati ST MT kepada acehsatu.com Selasa (30/8/2022) mengatakan, pengabdian yang dilakukan merupakan inovasi  penyimpanan ikan bandeng tanpa duri yang selama ini dilakukan koperasi dalam dua tahapan,

Tahapan pertama dilakukan pengerasan awal, ikan terlebih dahulu dibungkus dalam plastik baru kemudian dilakukan pengerasan dalam freezer kecil, kemudian, pada tahapan kedua, ikan yang sudah keras tersebut dipindahkan kembali dalam freezer box yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar.

Baca : Danrem Lilawangsa Tabur 10 Ribu Benih Ikan Bandeng di Desa Seuneubuk Rawang

Kondisi ini tambah Yusna, dilakukan agsar ikan tidah penyot namun langkah dua tahapan tersebut menyebabkan ikan bandeng tanpa duri tersebut rawan terkontaminasi lingkungan karena perpindahan dari proses pengerasan awal dari freezer kecil ke dalam freezer besar.

Untuk itu, pihaknya mengajarkan pengurus Koperasi Muara Tanjung yang dipimpin, Mahmuddin cara mengawetkan ikan tetap hygenis dan peroses kerjanya menjadi lebih singkat dan menghemat waktu dengan satu tahapan.

mengawetkan ikan
Proses pengawetan ikan bandengan yang dilakukan dosen Fakultas Teknik Unsam di Koperasi Muara Tanjung Gampong Tanjung Minjei, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur. Senin (29/8/2022) acehsatu.com/ist

“Kita mengefektifkan proses produksi, dan mengurangi kontaminasi lingkungan luar dalam proses penyimpanan,” ujar Yusnawati yang juga dosen Teknik Industri Fakultas Teknik Unsam.

Lanjut Yusna, setelah ikan dibersihkan duri dan bersih langsung disimpan dalam freezer besar tanpa mengalami perubahan bentuk ikan seperti penyot akibat tertimpa ikan bandeng lain yang berada diatas dan aman dari kontaminasi lingkungan

Untuk itu, sebelum disimpan dalam rak-rak penyimpanan ikan di freezer box, terlebih dahulu ikan bandeng tanpa duri tersebut divacuum dan diseal untuk mengurangi kontaminasi dengan lingkungan luar, sehingga ikan tetap hygienis walaupun disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Baca : Dampak Banjir Aceh Timur: Sektor Perikanan Merugi Rp12 Miliar

Kreatifitas dari Koperasi Muara Tanjung cukup membanggakan dalam proses hilirisasi produk. Inovasi pencabutan duri ikan mempu meningkatkan nilai jual yang tinggi terhadap ikan bandeng.

Harga perekor ikan bandeng tanpa duri mulai dari Rp 15.000 sesuai dengan ukurannya.

mengawetkan ikan
Proses pengawetan ikan bandengan yang dilakukan dosen Fakultas Teknik Unsam di Koperasi Muara Tanjung Gampong Tanjung Minjei, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur. Senin (29/8/2022) acehsatu.com/ist

“Konsumen tidak perlu khawatir lagi apabila memberikan olahan ikan bandeng tanpa duri ini kepada keluarga, khususnya anak-anak, “ ujar Yusna lgi.

Manfaat Ikan Bandeng

Pesiri Aceh  salah satu penghasil ikan bandeng namun ikan bandeng tersebut sebagian besar belum diolah agar mempunyai nilai ekonomis lebih. Bandeng yang dipanen dari tambak langsung dijual kepada pengumpul dengan harga Rp 15.000- Rp 18.000.

Baca : PJ Gubenur Aceh Minta KKP Kembangkan Kawasan Industri Budiaya

“Ikan bandeng dikenal dengan banyak durinya,” tambah Yusna.

Namun oleh Koperasi Muara Tanjung di Tanjung Minjei, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur, ikan bandeng hasil panen ini diolah terlebih dahulu dengan mencabut duri ikan bandeng sehingga nilai jualnya menjadi lebih tinggi dan mudah dinikmati baik orang dewasa maupun anak-anak sehingga tidak khawatir terhadap duri ikan lagi.

Meski demikian, belum banyak warga yang mengetahui nutrisi dari kandungan ikan bandeng tersebut.

mengawetkan ikan
Dosen Fakultas Teknik Unsam melkaukan pengabdian masyarakat dalam proses pengawetan ikan bandeng tanpa duri di Koperasi Muara Tanjung Gampong Tanjung Minjei, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur. Senin (29/8/2022) acehsatu.com/ist

Dr. Sienny Agustin dikutip dari alodokter.com, mengatakan, ikan bandeng merupakan sumber protein yang baik. Di dalam 100 gram ikan bandeng terkandung sekitar 20 gram protein dan beragam nutrisi yakni

123 kalori

5 gram lemak

150 miligram fosfor

270 miligram kalium

67 miligram natrium

20 miligram kalsium

2 miligram zat besi

45 mikrogram (mcg) vitamin A

Baca : Aceh Tamiang Jadikan Tanjung Keramat Kampung Budidaya Udang Windu

Ikan bandeng juga mengandung vitamin B12 serta asam lemak omega-3 (EPA dan DHA). Bahkan, kandungan omega-3 pada ikan bandeng dapat menjadi pengganti ikan salmon.

Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Di balik rasanya yang gurih dan lezat, ikan bandeng memiliki beragam manfaat yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan bandeng yang bisa Anda dapatkan:

1. Mendukung kesehatan dan fungsi otak

Kandungan asam lemak omega-3, protein, dan antioksidan pada ikan bandeng berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi otak. Berbagai nutrisi tersebut diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta mencegah pikun atau demensia, terutama pada lansia.

Selain itu, omega-3 juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dan anak-anak.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat ikan bandeng lainnya adalah dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Hal ini didukung oleh kandungan asam lemak omega-3 yang diketahui mampu menurunkan trigliserida dan kolesterol, serta mengontrol tekanan darah.

Baca : KKP akan Revitalisasi Tambak Udang Terbengkalai di Aceh Timur dan Aceh Tamiang

3. Menjaga kesehatan dan fungsi mata

Ikan bandeng mengandung nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, seperti vitamin A, vitamin B6 dan B12, dan omega-3. Tercukupinya asupan nutrisi tersebut dapat mengoptimalkan fungsi mata serta mengurangi risiko terjadinya gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

4. Memelihara kesehatan tulang dan sendi

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan bandeng juga dapat meningkatkan kekuatan tulang dan mengatasi radang sendi.

Selain itu, manfaat ikan bandeng untuk tulang juga didukung oleh kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit tulang, seperti rakitis dan osteoporosis.

5. Mencegah anemia

Ikan bandeng mengandung vitamin B12, folat, dan zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan nutrisi tersebut dapat menyebabkan produksi sel darah merah berkurang yang kemudian memicu terjadinya anemia.

Anda dapat mengambil manfaat ikan bandeng untuk mencegah anemia dengan memasukkan ikan ini ke dalam menu makan Anda.

6. Memperkuat daya tahan tubuh

Kandungan vitamin A, zat besi, dan protein pada ikan bandeng berperan dalam pembentukan sel imun, sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan kuman penyebab penyakit. Dengan demikian, Anda pun tidak akan mudah jatuh sakit.

7. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin

Ikan bandeng juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti zat besi, protein, zinc, dan asam lemak omega-3, dapat mendukung tumbuh kembang janin dan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu selama hamil. Jumlah porsi ikan bandeng yang disarankan bagi ibu hamil adalah 2–3 porsi per minggu.(*)