Dosen IAI Al-Aziziyah Samalanga Kembali Raih Doktor

Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga-Bireuen, kini kembali menambah seorang dosen bergelar doktor bidang pendidikan, setelah Jumat (30/7/2021) menjalani wisuda dalam sidang terbuka di Aula Pasca Sarjana yang digelar di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Dosen IAI Al-Aziziyah Samalanga Raih Doktor
Tgk Musbani. Dok. HO/ACEHSATU.com

ACEHSATU.com | PIDIE JAYA – Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga-Bireuen, kini kembali menambah seorang dosen bergelar doktor bidang  pendidikan, setelah Jumat (30/7/2021) menjalani wisuda dalam sidang terbuka di Aula Pasca Sarjana yang digelar di UIN  Ar-Raniry Banda Aceh.

Adalah, Tgk Musbani, putra kelahiran Blang Kuta Kecamatan Bandardua 1983, ayah empat anak suami dari Sukmawati A Gani.

Dengan demikian hingga saat ini, pengajar pada IAI yang menyandang gelar Doktor hampir 20 orang.

Tgk Helmi Abubakar MPd, salah seorang dosen tetap  Bidang Manajemen Pendidikan Islam IAI Al-Aziziyah dalam keterangannya kepada ACEHSATU.com, Senin (2/8) menyebutkan, Musbani berhasil meraih gelar strata tiga (S-3) setelah berhasil mempertahankan Disertasinya yang berjudul “Inovasi Metode Pembelajaran Agama pada Dayah Salafi di Kabupaten Bireuen” dan berlangsung dengan alot.

Ketua Tim Penguji adalah,  Prof DR Warul Walidin  AK, MA dengan Sekretaris Sidang, Prof DR, Mukhsin Nyak Umar MA.

Ditambahkan Tgk Helmi sebagaimana disampaikan Tgk Mursalin, yang membidangi Kehumasan pada IAI Al-Aziziyah Samalanga, sidang terbuka Tgk Musbani, istimewanya anggota sidang dan salah seorang penguji luar merupakan Ketua PCNU Bireuen yang juga Rektor IAI Samalanga.

Sementara anggota sidang lainnya yaitu, Prof DR Fauzi Saleh MA, DR Syahbuddin Gade MA, Prof  Eka Srimulyani MA, Ph,D. Disusul DR Gunawan Adna MA, Ph,D serta Prof DR M Hasbi Amiruddin MA.

Dosen IAI Al-Aziziyah Samalanga Raih Doktor
Tgk Musbani. Dok. HO/ACEHSATU.com

Disertasinya, lebih fokus pada Inovasi Metode Pembelajaran terhadap guru dan santri pada dayah salafi di kawasan Kota Santri (Samalanga----red).

Tgk Musbani, menyebutkan, keberhasilannya meraih gelar doktor tak lepas dari doa orangtua, guru serta rekan-rekannya.

Perjuangan panjang di strata tiga akhirnya selesai juga di masa  Pandemi Covid-19 dan pihaknya mengaku sangat terharu sembari mengucapkan terima kasih kepada guru, teman, civitas akademika IAI Al-Aziziyah setempat.

Teristimewa dan penghormatan kepada Rektor Al-Aziziyah dan pihak lainnya yang telah berdoa serta ikut membantu sejak kuliah hingga selesai pendidikan pada jenjang tersebut.

Semoga semua kebaikan yang telah mereka perbuat akan mendapat balasan dari Allah SWT, sebut Tgk Musbani. (*)