DLHK Aceh Beri Bantuan Bibit Untuk Kelompok Tani Musara Pertik Gayo Lues

Menindak lanjuti keberhasilan yang dicapai kampung Pertik tersebut berkat binaan DLHK Provinsi Aceh dan DLH Kabupaten Gayo Lues memberikan bantuan bibit sebanyak 3000 bibit.
DLHK Aceh Beri bantuan bibit untuk Kelompok Tani Musara Pertik upaya mendukung Proklim.
DLHK Aceh Beri bantuan bibit untuk Kelompok Tani Musara Pertik upaya mendukung Proklim

ACEHSATU.COM | Blangkejeren – Pemerintahan Aceh melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Aceh memberikan bantuan bibit kepada Kelompok Tani (Program Kampung Iklim) Proklim Musara.

Dalam Upaya pemerimtah Aceh mendukung kampung Proklim Musara Pertik yang terpilih menjadi kampung Proklim utama pada ajang proklim beberapa bulan yang lalu.

Pada ajang tersebut kampung pertik masuk nominasi kampung utama berdasarkan Penilaian dan sertifikat yang ditanda tangani oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Ibu Siti Nurbaya.

Menindak lanjuti keberhasilan yang dicapai kampung Pertik tersebut berkat binaan DLHK Provinsi Aceh dan DLH Kabupaten Gayo Lues memberikan bantuan bibit sebanyak 3000 bibit.

Rinciannya bibit Alpokat sebanyak 1000, Durian, 700 Kelapa 300, Mangga 700, aren, beringin dan bunga pucuk merah sebanyak 700 bibit. Ungkap ketua Kelompok Tani musara Aripin pada media ini.

Alhamdulillah hari ini dapat salurkan kepada masyarakat setiap KK nya 8 unit bibit sebutnya, untuk ditanamani di kebunnya masing masing sebut aripin, di halaman Kantor Pengulu setempat pada, Jumat, (2/12/2022).

Lebih lanjut Aripin mengatakan, sementara untuk 3 jenis bibit lainnya, khusus untuk penghijauan yang akan ditanam sesuai peruntukannya dan dikoordinir oleh Kelompok Proklim Musara yaitu Aren akan ditanam sisi kanan dan kiri sungai aih kulit, Beringin akan ditanam disepanjang tanggul DAS Aih Pining, Bunga Pucuk merah akan ditanam dipinggir jalan untuk memperindah kampung Pertik sebut Aripin.

Di samping itu, Pengulu Kampung, Pertik Zainal Abidin, dalam arahannya menyampai bahwa bibit tersebut adalah bantuan dari Dinas Lingkungan hidup dan kehutanan Provinsi Aceh dalam rangka mendukung Kampung Proklim “Musara” Kampung Pertik yang diantar dan diserahkan beberapa hari yang lalu ke Pihak kelompok Desa sebutnya.

Alhamdulilah hari ini sudah kita bagikan kepada masyarakat. Semoga bibit ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk ditanami dikebun miliknya masing masing dan dipastikan akan diawasi oleh Pihak desa bersama kelompok sebutnya.

Zainal abidin berharap sinergi ini dapat tetap berjalan menuju kampung Pertik yang hijau, berseri dan ramah lingkungan. Sembari mengucapkan terima kasih kepada Pak Khairul Anwar S HUT yg telah bersusah Payah membimbing kami tutup Zainal.

Turut hadir dalam acara tersebut, Babinsa, Bhabinkantibmas, mukim dan Pendamping Desa.