Diungkap Pakar, Ini Beberapa Kemungkinan Penyebab Anji Ragukan Bahaya COVID-19

ACEHSATU.COM – Komentar musisi Anji pada foto jenazah COVID-19 karya Joshua Irwandi untuk National Geographic yang viral dinilai meremehkan bahaya virus Corona.

Faktanya, dalam keseharian memang banyak yang meragukan bahaya virus Corona dan terwakili oleh komentar Anji.

“Saya percaya cvd (COVID-19) itu ada. Tapi saya tidak percaya bahwa cvd semengerikan itu,” tulis Anji pada akun Instagram pribadinya. Seperti dikutip detikcom.

Dengan data peningkatan jumlah kasus maupun korban meninggal yang masih terus bertambah, kenapa ada yang tidak percaya?

Pandu Riono, ahli epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), memperkirakan orang-orang yang meremehkan virus Corona kemungkinan tidak punya pengalaman dengan penyakit tersebut.

“Nggak punya pengalaman mungkin. Nggak ada keluarganya yang kena COVID-19 atau temannya yang kena COVID-19,” katanya, seperti dilansir detikcom, Senin (20/7/2020).

“Dan dia percaya sama informasi-informasi yang mengatakan bahwa COVID-19 itu cuma dibuat-buat,” lanjutnya.

Menurut Pandu, meningkatnya grafik kasus baru virus Corona yang terjadi saat ini bisa juga dipengaruhi hal tersebut. Semakin banyak orang yang tidak percaya akan COVID-19, maka semakin banyak orang yang tidak mau memakai masker.

“Bisa (mempengaruhi grafik), sebagian dipengaruhi oleh itu. Kalau itu banyak, pasti kan nggak mau pakai masker. Jadi kalau nggak pakai masker, ya berisiko terkena,” jelas Pandu. (*)