Ditinggal Pergi Pemilik, Rumah Warga Kandang Samalanga Ludes Terbakar

Satu unit rumah kontruksi semi permanen bersama seluruh isinya di Dusun Tgk Di Samalanga, Gampong Kandang, Kecamatan Samalanga, Bireuen, ludes terbakar Kamis (22/10/2020) sekitar pukul 19:30 WIB.

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Satu unit rumah kontruksi semi permanen bersama seluruh isinya di Dusun Tgk Di Samalanga, Gampong Kandang, Kecamatan Samalanga, Bireuen, ludes terbakar Kamis (22/10/2020) sekitar pukul 19:30 WIB.

Tidak ada korban dalam peristiwa itu, dan belum diketahui pasti dari mana asal usul apinya. Saat kejadian pemilik rumahnya Sulaiman Ismail (75) sudah pulang tempat anak di Aceh Utara, dan anaknya Jafar Sidiq (40) sudah pergi tidak dirumah.

Hal tersebut dikatakan Keuchik Kandang M Husen (62) didampingi warga ditanyai Aceh Satu.Com dilokasi kejadian, pukul 21:00 Wib, sesaat petugas pemadam dari Pos Pembantu Simpang Mamplam, Pos Kota Bireuen, selesai padamkan api.

Petugas memadamkan sisa api membakar rumah warga di Gampong Kandang, Kecamatan Samalanga, Kamis (22/10/2020) malam. (Foto. Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

Terkait dengan kronologis kejadiannya sambung keuchik dan warga, saat itu kondisi seputar Tkp sepi, warga sudah pergi pengajian di Meunasah yang digelar setiap Kamis malam (malam jumat-red).

Tiba-tiba warga melintas melihat kobaran api dan rumah itu sudah terbakar, warga lalu datang ke meunasah memberitahu kepada warga, sehingga langsung datang ke lokasi dan meminta bantuan Pemadam. Cepatnya rambatan api, rumah beserta isinya tidak dapat diselamatkan lagi, jelas Keuchik.

Pantauan dan keterangan diperoleh Aceh Satu.Com, menerima informasi kebakaran, dua unit mobil pemadam Pos Simpang Mamplam yang terdekat duluan dikerah ke lokasi, disusul dua unit dari Pos Induk Kota Bireuen berjarak puluhan kilometer ke tkp.

Setiba di tkp petugas langsung melakukan pemadaman kobaran api sampai api dan sisa bara api padam total, untuk kondisi rumah milik korban tersebut sudah tidak dapat diselamatkan lagi, habis terbakar.

Senada dikatakan Kepala Dinas Sosial Bireuen, Mulyadi SE MM melalui Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Perlindungan Sosial, Faisal Kamal S.Sos, sesuai laporan pengendali Posko Tagana Dinsos Bireuen, Zulfikar GA, Kamis (22/10/2020) malam kepada Aceh Satu.Com.

Untuk sumber api penyebab kebakaran itu belum diketahui pasti, kobaran api begitu cepat membesar dan rumah korban semi permanen habis terbakar beserta seluruh isinya, proses pemadaman api dilakukan petugas pemadam dibantu masyarakat, jelas Faisal. (*)