Ditinggal Jenguk Anak ke Rumah Sakit, Rumah Ludes Terbakar di Aceh Tamiang

"Pada saat kejadian korban Rusni sedang berada di rumah sakit PT Pertamina Rantau menjaga anaknya yang baru melahirkan. Sementara anak Rusni sedang tidur di dalam rumah,"  kata M Nukh. 
Ditinggal jenguk anak ke rumah sakit, rumah ludes terbakar di Aceh Tamiang
Petugas BPBD Aceh Tamiang memadamkan sisa-sisa api yang membakar rumah warga di Aceh Tamiang, Sabtu (30/4/2022) ANTARA/HO

ACEHSATU.COM | Kuala Simpang – Ditinggal jenguk anak ke rumah sakit, rumah ludes terbakar di Aceh Tamiang.

Satu unit rumah semi permanen di Desa Gedung Biara, Kecamatan Suruway, Aceh Tamiang ludes terbakar saat pemiliknya sedang berada di rumah sakit.

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiapan dan Pemadam Kebakaran BPBD Aceh Tamiang, Muhammad Nukh di Aceh Tamiang WIB, Sabtu, mengatakan rumah yang terbakar milik Rusni (63).  

Kejadian sekitar pukul 07.30 WIB saat pemiliknya tidak berada di rumah.

“Pada saat kejadian korban Rusni sedang berada di rumah sakit PT Pertamina Rantau menjaga anaknya yang baru melahirkan. Sementara anak Rusni sedang tidur di dalam rumah,”  kata M Nukh. 

Dijelaskan Nukh awalnya api dan kepulan asap terlihat oleh tetangga korban dari atas rumah bagian belakang.

Kemudian warga sekitar berdatangan untuk melakukan pemadaman api dengan alat seadanya. Kobaran api semakin besar karena diduga menyambar bahan bakar minyak.

“Kami tiba sekitar pukul 08.30 WIB dengan menurunkan tiga unit mobil Damkar langsung melakukan pemadaman. Api berhasil dipadamkan sekitar setengah jam atau pukul 09.00 WIB,” kata dia.

Saat ini petugas BPBD Aceh Tamiang dibantu TNI/Polri dan warga membersihkan puing sisa-sisa kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam insoden kebakaran tersebut. Kerugian materil diperkirakan Rp100 juta.

“Dugaan sementara penyebab kebakaran dari hubungan arus pendek listrik,” ungkap M Nuhk.

Lebih lanjut pihak BPBD mengimbau bagi masyarakat yang mudik lebaran tinggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk tetap memperhatikan faktor keamanan seperti lepas regulator kompor gas, cabut alat listrik yang tak digunakan dan titipkan kunci rumah kepada kerabat terdekat.