Dinilai Berhasil Bangun Jakarta, Organisasi Jawa Barat Ini Dukung Anies Nyapres

"Kami menilai Anies layak menjadi presiden, karena telah berhasil membangun Jakarta dan juga memiliki kepemimpinan yang amanah dan jujur," Ketua DPP AFPI Jabar Elyasa Budiyanto
Gubernur DKI Jakarta
Foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang disentil anggota Fraksi PDIP setelah mengusulkan penghentian PTM.

ACEHSATU.COM – Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Aliansi Federasi Persatuan Indonesia (AFPI) Jawa Barat menilai Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan berhasil membangun Jakarta, organisasi ini mendukung Anies Baswedan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024

Ketua DPP AFPI Jabar Elyasa Budiyanto mengatakan, AFPI Jabar telah sepakat mendukung Anies Baswedan untuk maju dalam Pilpres 2024. Selain diklaim berhasil membangun Jakarta, pihaknya juga tertarik dengan kepribadian Anies.

“Kami menilai Anies layak menjadi presiden, karena telah berhasil membangun Jakarta dan juga memiliki kepemimpinan yang amanah dan jujur,” kata Elyasa saat dihubungi melalui telepon selular, Senin (7//2/2022).

Baca :Anies Baswedan Nomor 1 di Survei, PDIP DKI Singgung Hal Ini

Wujud dukungan itu, ujar Elyasa, telah dilakukan dengan bentuk deklarasi relawan Anies For Presiden Indonesia.

“Kami juga sudah mendeklarasikan Anies For Presiden Indonesia di Karawang lusa kemarin di Karawang, dan rencana untuk selanjutnya di Bekasi, Ciamis dan kabupaten di Jabar lainnya,” ungkapnya seperti dilansir detik.com

Selain itu, ia menilai gaya kepemimpinan Anies meniru gaya rasulullah. Yakni, menanggapi setiap tiap kritikan yang datang.

“Kalau melihat gaya kepemimpinan Anies itu, seperti meniru Rasulullah, seperti saat menanggapi kritikan Giring, ia (Anies) hanya menanggapinya dengan senyum bahkan membalasnya melalui sindiran yang elegan terhadap Ketua PSI itu,” pungkas Elyasa.

Potensi Menang

pemilihan presiden
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Sebelumnya diberitakan, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menyebutkan bahwa Anies Baswedan memiliki potensi menang dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Kita melihat memang ada potensi yang sangat besar pada pak Anies (menangi Pilpres),” kata Ahmad Syaikhu dalam jumpa pers, di Banda Aceh, melansir Antara, Kamis (27/5/2021).

Keyakinan Syaikhu terhadap Anies karena ia melihat beberapa survei dari banyak lembaga menghasilkan peringkat yang baik terhadap Gubernur DKI Jakarta tersebut. 

Baca : Ahmad Syaikhu Sebut Anies Baswedan Berpotensi Menang di Pilpres 2024

“Peringkat survei Anies kalau tidak kesatu, kedua atau ketiga, ya seperti itu, dan pak Anies selama ini juga bersama PKS sejak jadi Gubernur DKI, mudah-mudahan dukungan ini terus diberikan,” ujarnya.

Syaikhu menegaskan, dalam pemberian dukungan, PKS selalu memilih orang yang mempunyai peluang besar menjadi pemimpin atau tidak asal-asalan menunjuk.

“Pedoman yang diambil PKS adalah orang yang berpeluang menang, tidak asal tunjuk,” kata Syaikhu.

Meski demikian, lanjut Syaikhu, jika mengacu pada amanah musyawarah nasional (Munas), PKS harus berupaya mencalonkan kader sendiri. Namun, permasalahannya sampai hari ini belum ada kader PKS yang muncul ke publik. 

“Belum muncul ini mungkin juga karena surveinya belum dimasukkan, padahal kalau dimasukkan kita tahu seberapa jauh masyarakat menerima kader PKS,” demikian Syaikhu. (*)