Dilaporkan ke DKPP, Ini Respons Ketua KIP Aceh Timur

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Terkait dilaporkannya Komisi Independent Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Timur oleh lembaga hukum Atjeh Legal Consult (ALC) ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) RI di Jakarta.

Ketua KIP Aceh Timur, Zainal Abidin mengatakan, setiap orang punya hak untuk melaporkan penyelenggara pemilihan ke DKPP-RI, termasuk KIP Aceh Timur.

Hal itu disampaikannya pada ACEHSATU.COM menanggapi laporan yang dilakukan oleh lembaga Atjeh Legal Consult.

“Setiap orang berhak melaporkan penyelenggara pemilihan ke DKPP, KIP Aceh Timur tentu harus menghargai dan menghormatinya, karena itu bagian dari ruang demokrasi,” ujarnya, Rabu (8/7/2020).

Selain itu, pihaknya juga akan mempersiap sejumlah langkah termasuk jawaban jika Sidang Etik nantinya digelar.

Diterangkannya,  dalam proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRK, KIP Aceh Timur hanya menyiapkan nama dan berkas yang diminta oleh DPRK Aceh Timur. Sedangkan menyangkut administrasi dan lainnya kata Zainal dipersiapkan oleh bagian Kesekretariatan KIP Aceh Timur

Proses berikutnya dan sepenuhnya ada di lembaga lain yaitu DPRK Aceh Timur untuk PAW tersebut

“KIP Aceh Timur sudah menjalankan aturan sesuai PKPU nomor 6 tahun 2017, pasal 8, dimana sesuai pasal 5, ayat 3 huruf h, menyerahkan nama pengganti dan mengingatkan, bahwa yang terkait sedang menempuh upaya hukum kepada DPRK Aceh Timur,” ujarnya

Mengenai yang di sangkakan KIP Aceh Timur belum mendapat salinan pokok aduan etik tersebut, pihaknya juga akan mempersiapkan bantahan beserta alat buktinya, pungkas Ketua KIP Aceh Timur, Zainal Abidin. (*)