Diguyur Hujan Deras, Lima Kecamatan di Pidie Jaya Terendam Banjir

ketinggian air antara sengah meter hingga 1 meter. hingga berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa dalam bencana banjir yang menerjang Kabupaten Pidie Jaya. 
Anak-anak bermain di lokasi banjir

ACEHSATU.COM | Pidie Jaya,- Akibat diguyur hujan deras pada Rabu (12/1/2022) malam, 53 Gampong di lima Kecamatan di Pidie Jaya terendam banjir.

Akibat dari banjir yang melanda Pidie Jaya, ribuan rumah terendam dan ratusan hektare sawah lahan pertanian terancam gagal panen. 

Menurut keterangan salah seorang warga,  Ibnu mengatakan, selain hujan deras, banjir juga terjadi akibat luapan sungai yang terjadi begitu cepat dan sempat membuat warga panik. 

Ibnu mengungkapkan, 53 gampong dilima Kecamatan yang terendam akibat banjir diantaranya, 16 gampong di Kecamatan Ulim,  20 gampong di Kecamatan Bandardua, Kecamatan Jangkabuya 6 Gampong dan 6 Gampong di Kecamatan Bandarbaru terendam serta Kecamatan Panteraja juga terendam 5 Gampong.

Semantara ketinggian air antara sengah meter hingga 1 meter. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa dalam bencana banjir yang menerjang Kabupaten Pidie Jaya.

Selain merendam jalan akses Gampong, Banjir juga merendam badan jalan Nasional Medan – Banda Aceh.

Semantara itu, Kadis Pertanian dan Pangan Pidie Jaya, drh Muzakir MM, menyebutkan, dari data yang diperoleh pihaknya dilapangan  di Kecamatan Ulim dan Bandardua, setidaknya banjir merendam 526 Hektare sawah milik warga, 110 hektere diantaranya baru siap tanam dan terancam gagal panen. 

Rabu (12/1) pagi, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Pidie Jaya dipimpin Kabid Linjamsos, Muslim SAg turun ke sejumlah Gampong untuk memantau dan melakukan pendataan.  

Muslim memaparkan,  Pemkab Pijay melalui Dinsos P3A telah menyalurkan bantuan masa panik kepada korban banjir. 

Adapun bantuan yang disalurkan diantaranya  mie instan, telur, minyak goreng, sarden, gula pasir, biscuit, air mineral serta beras,  pungkas Muslim.