Diduga Sungai Tercemar Limbah PKS, DLHK Aceh Timur Ambil Sampel Air Untuk di Uji Lab

"Setelah menerima keluhan warga tentang adanya pembuangan limbah di sungai yang berada di Desa Alue Ie Mirah, kami telah mengambil air di beberapa titik untuk menjadi sampel pemeriksaan di laboratorium,"
Diduga Sungai Tercemar Limbah PKS, DLHK Aceh Timur Ambil Sampel Air Untuk di Uji lab
Dokumentasi - Petugas DLHK mengambil sampel air sungai untuk di uji di laboratorium setelah tercemar diduga akibat limbah PKS di Desa Alui Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur. (ANTARA/HO)

ACEHSATU.COM | Aceh Timur – Diduga Sungai tercemar limbah PKS, DLHK Aceh Timur ambil sampel air untuk di Uji lab.

Air sungai di beberapa titik yang berubah warna serta rasa yang diduga tercemar limbah pabrik kelapa sawit (PKS) milik PT Bugak Palma Sejahtera,

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) wilayah Aceh Timur mengambil sampel air di beberapa titik untuk dibawa ke Lab.

“Setelah menerima keluhan warga tentang adanya pembuangan limbah di sungai yang berada di Desa Alue Ie Mirah, kami telah mengambil air di beberapa titik untuk menjadi sampel pemeriksaan di laboratorium,” kata Pengendali Dampak Lingkungan Muda DLHK Aceh Timur Baihaki di Aceh Timur, Sabtu.

Baihaki mengatakan pihaknya mengambil beberapa sampel limbah tersebut di mulai dari kolam terakhir pengolahan limbah milik perusahaan hingga ke alur pembuangan limbah.

“Sampel itu nantinya akan di uji di laboratorium  Banda Aceh dan setelah keluar hasilnya akan segera di publik,” kata dia.

Sebelumnya, sejumlah warga Desa Alue Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur, mengeluhkan air sungai berubah warna dan rasa akibat diduga tercemar limbah PKS milik PT Bugak Palma Sejahtera.

Akibat air sungai tersebut tercemar, kini masyarakatnya tidak berani lagi menggunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari.