Diduga Ini Penyebab 10 Bangunan Terbakar di Aceh Tamiang

kebakaran
Ilustrasi Kebakaran Rumah, Foto: Dokumen Acehsatu.com

Diduga Ini Penyebab 10 Bangunan Terbakar di Aceh Tamiang

 ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Amukan “sijago merah” terjadi di tugu upah tepatnya di Dusun Ampera, Desa Simpang Empat, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang menyebabkan 10 unit  bangunan berkontruksi kayu itu ludes dilalap sijago merah.

Diduga penyebab kebakaran berasal dari arus pendek (korsleting listrik) di salah satu kios kosong.  Selaian bangunan kayu ada  juga  bangunan semi permanen yang digunakan warga untuk berdagang dan tempat tinggal.  

Pemilik bangunan yang musibah itu, M Sairan (24) warga Dusuin Upah merupakan pedagang grosir. Udin (40) warga Kampung Simpang Empat  pemilik konter HP, Sijon (45)  warga Kampung Simpang Empat pemilik warung kopi,.

Berikutnya, Lia (35) warga Simpang Empat pemilik rumah semi permanen, Nurul (35) juga pemilik rumah semi permanen, Firmansyah (48) pemilik rumah. Selanjutnya, Arif (40) menempati rumah sewa yang menjual grosir klontong, rumah sewa Wak Isu dan rumah kayu milik Dewi (35).

Kasi Pemadam Kebakaran BPBD Aceh Tamiang, Doni Indrawan kepada acehsatu.com, Rabu (23/6/2021) mengatakan, informasi yang diterima pihaknya, musibah itu terjadi  dini hari sekira pukul 00.45.Wib, berawal dari kios milik M Sairan yang saat itu dalam kondisi kosong.


Sebanyak 10 unit bangunanberkontruksi kayu ludes terbakar di Dusun Ampera, Desa Simpang Empat, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang. Rabu (23/6/2021) acehsatu.com/Ist

Karena bangunan terbuat dari kontruksi kayu, api dengan cepat membesar dan merembet ke bangunan kayu lainnya yang ada di sampingnya. “Karena bangunan sebagian besar terdiri dari kayu, api cepat membesar dan menghanguskan bangunan yang ada disitu,” ujar Doni.

Untuk memadamkan kebakaran tersebut, BPBD Aceh Tamiang mengerahkan empat unit mobil pemedam kebakaran ditambah dua unit damkar dan dua tangki penyuplay air milik PT Pertamina Rantau.

“Api baru dapat kita padamkan sekira pukul 02.00 Wib,| ujarnya.

Jangan Panik

Pada kesempatan tersebut, Doni juga menghimbau kepada warga Aceh Tamiang,  jika terjadi kebakaran agar memberi kepercayaan kepada petugas pemadam dilapangan untuk bekerja melakukan pemadaman api, jangan sampai warga yang panik, membuat petugas dilapangan juga semakian panik sehingga pekerjaan pemadaman menjadi lebih lama.

Salurkan Bantuan

Bupati Aceh Tamiang, Mursil menyalurkan bantuan masa panik kepada sembilan kepala keluarga korban kebakaran yang saat ini menempati  tenda darurat. Selain bantuan Pemkab, Kapolsek Karang Baru, AKP Yozana Fajri Sidik juga menyalurkan bantuan tanggap darurat untuk meringankan keluarag yang ditimpa musibah (*)