Uncategorized

Dinahkodai dr Rini Novianti Puskesmas Peudada Raih Sejumlah Prestasi

Puskesmas Peudada mendapatkan penghargaan Puskesmas berprestasi Kategori Kawasan Perdesaan se-Aceh.

Foto | Fajri

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Suasana asri sudah mulai terlihat ketika pasien melangkahkan kaki di halaman  Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Peudada, Bangunan warna putih dibalut cat orage itu di sisi kanan dan kiri bangunan diapit oleh kantor Camat Peudada dan SMP Negeri 1 Peudada. Dari segi usia bangunan ini didirikan seiring dengan terbentuknya Kecamatan Peudada.

Itulah sekilas pemandangan Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Peudada yang terletak  di lintasan Jalan Nasional Medan-Banda Aceh Desa Meunasah Pulo, Kecamatan Peudada.

Saat ini UPTD Dinas Kesehatan Bireuen dinahkhodai dr Rini Novianti mulai berbenah menuju pelayanan maksimal. Penataan ruang yang rapi serta bebas dari sampah memberikan kenyamanan tersendiri bagi pasien yang mengunjungi layanan kesehatan tingkat Kecamatan di Peudada ini.

Baru-baru ini Puskesmas Peudada mendapatkan penghargaan Puskesmas berprestasi Kategori Kawasan Perdesaan se-Aceh, Juara II Bidan Teladan (Nakes) yang bertugas di Puskesmas Peudada, Puskesmas terakreditasi madia dari Kemenkes dan Pemenang ketiga Puskesmas Penyelenggaran Asuhan Mandiri Taman Obat Keluarga dan Akupresur Tingkat Provinsi Aceh.

“Sejumlah penghargaan itu baru saja kami dapat di peringatakan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2017, di Halaman Kantor Gubernur Aceh beberapa minggu yang lalu,’’kata dr Rini, Senin, (27/11/2017) disela-sela kunjungan Wakil Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH Msi.

Dokter Cantik berkulit hitam manis ini, menuturkan saat ini dirinya sudah melakukan beberapa terobosan baru untuk pembangunan Puskesmas Peudada di antara ialah pengusulan pembangunan taman bermain anak-anak,  untuk membahagiakan anak-anak yang dibawa orang tua mereka ketika berobat agar mempunyai tempat untuk bermain.

Setiap pasien yang berobat dilarang merokok, jika pasien tak mengindahkan aturan ini maka pasie tidak akan dilayani.

Pelarangan merokok ini dituliskan di dinding Puskesmas yang berdekat dengan ruang inap pasien.

“Sambil menunggu antrian anak-anak bisa memafaatkan waktu tunggu untuk bermain, jadi anak-anak ketika sampai di rumah sakit tidak takut lagi, kadang sebagian anak-anak ada rasa takut ketika ingin berobat. Mudah-mudahan dengan ada tempat bermain ini anak-anak jadi suka ke Puskesmas,”ungkap dokter Rini.

Rini Novianti berharap semoga dengan kunjungan yang dilakukan Wakil Bupati Bireuen Muzakkar A Gani bersama Wakil Ketua DPRK Bireuen Muhammad Arif didampingi Kadinkes Bireuen dr Amir Addani M Kes, harapan masyarakat untuk Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kecamatan Peudada baik itu pengusulan taman bermain maupun pembangunan ruang baru UGD serta pengusulan alat-alat medis untuk menunjang pelayanan bisa segera terwujud.

Wakil Bupati Bireuen selesai memimpin apel gabungan, melakukan kunjungan ke Puskesmas Peudada. Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan pelayanan kesehatan serta melakukan sidak kesejumlah ruang Puskesmas. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top