Di Hadapan Kapolda Aceh, Walikota Langsa Paparkan Kehidupan Keberagaman yang Harmoni

Di Hadapan Kapolda Aceh, Walikota Langsa Paparkan Kehidupan Keberagaman yang Harmoni

ACEHSATU.COM | LANGSA – Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil bersama Ketua Bhayangkari Aceh, Ny Winta Wahyu Widada berkunjung ke Pendopo Walikota Langsa, Usman Abdullah SE, Jumat (24/07/2020) malam.

Ikut juga  sejumlah pejabat utama Polda, diantaranya Karoops Kombes Pol Dedy Irianto SH MH.

Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, mengucapkan selamat datang di Kata Langsa kepada Kapolda Aceh beserta lbu dan rombongan. Sebenarnya pihaknya berkeinginan mengumpulkan banyak tokoh masyarakat dalam silaturahmi ini.

Akan tetapi karena sedang dalam mada pandemi covid-19 ini, maka jumlah undangan dibatasi agar protokol kesehatan dapat  dierapkan dengan baik, terutama dalam penerapan physical distancing (jaga jarak).

Dihadapan Kapolda Aceh, pria akrap disapa Toke Seum ini, memaparkan tentang kondisi dan terbentuknya Kota Langsa melalui UU Nomor 3 Tahun 2001, merupakan kota kecil dengan luas 262,4 KMZ yang dibagi dalam 5 kecamatan dan 66 gampong.

Sedangkan jumlah penduduk Kota Langsa sekarang ada sekitar 190.000 jiwa terdiri dari beragam etnis yang secara statistik etnis Jawa mayoritas di kota ini, disusul etnis Aceh, Batak, Melayu, Gayo, Cina, dan suku lainnya.

“Keragaman etnis ini berdampingan dalam harmoni kehidupan yang penuh kedamaian,” ujarnya.

Sehingga dalam situasi apapun Kota Langsa seperti menjadi oase yang menawarkan kenyamanan dan ketentraman hidup di Aceh, termasuk dalam masa puncak konflik bersenjata tahun 1999-2005 silam.

“Kondisi inilah yang ingin kami pertahankan yaitu Kota Langsa menjadi rumah yang nyaman bagi semua orang, apa pun latar belakangnya,” sebutnya.

Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Wahyu Widada, M Phil, menyampaikan, ia tak menyangka mendapat kehormatan disambut yang begitu meriah, karena kedatangnya ke Langsa sebenarnya karena ia sudah lama tidak melaksanakan kegiatan kunjungan kerja.

“Saya sudah 6 bulan berada di Banda Aceh menjadi Kapolda Aceh, dan belum sempat jalan-jalan. Terima kasih kepada Wali Kota dan Forkopimda atas sambutan yang luar biasa ini,” katanya. (*)

LIHAT JUGA: