Desa Pasi Pinang Wakili Aceh di Ajang Lomba Kampung KB Tingkat Nasional

akhir terhadap kampung KB atau kampung muslimin Cut Nyak Dhien Pasi Pinang, Kecamatan Meureubo guna mengikuti perlombaan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di tingkat nasional.
Desa Pasi Pinang Aceh Barat
Tim Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia melakukan verifikasi profil Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB), yang dipusatkan di Desa Pasi Pinang, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Jumat (27/5/2022).

ACEHSATU.COM | Meulaboh – Desa Pasi Pinang wakili Aceh di ajang lomba Kampung KB tingkat nasional.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia melakukan verifikasi profil Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) yang dipusatkan di Desa Pasi Pinang, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

“Bagi kampung KB yang dinyatakan lolos tahapan verifikasi ini, maka berhak untuk ikut serta ke perlombaan di tingkat nasional,” kata Deputi Koordinator Kependudukan BKKBN Pusat, Yosrizal di Meulaboh, Jumat.

Ia mengatakan, kegiatan verifikasi yang dilakukan tersebut setelah pihaknya mendapatkan profil desa yang sudah dikirimkan BKKBN Provinsi Aceh ke BKKBN pusat.

Yosrizal mengatakan, dari Provinsi Aceh terdapat empat kabupaten/kota yang menjadi kandidat untuk mewakili Provinsi Aceh

Dalam lomba kampung KB tingkat Nasional, diantaranya Kota Banda Aceh,Kota  Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh Barat.

Ia menjelaskan, ada tiga tahapan verifikasi penilaian yang akan dilakukan, diantaranya presentasi program kegiatan kampung, tanya jawab dengan penanggung jawab program tentang implementasi kegiatan yang telah dilaksanakan, serta menelusuri berkas atau bahan yang terkait dengan program kegiatan.

“Yang dinilai dan diverifikasi adalah delapan fungsi keluarga serta enam kelompok kegiatan, mulai dari fungsi agama hingga fungsi lingkungan,” katanya menambahkan.

Yosrizal mengatakan selain melakukan verifikasi, kesempatan ini juga diharapkan bisa menjadi evaluasi bagi kandidat Kampung KB, apabila ada program kegiatan yang pelaksanaannya belum maksimal dan bisa diperbaiki ke depan.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Aceh Barat,

Mulyani, mengatakan kunjungan tim verifikasi dari BKKBN pusat tersebut, bertujuan untuk memberikan penilaian akhir terhadap kampung KB atau kampung muslimin Cut Nyak Dhien Pasi Pinang, Kecamatan Meureubo guna mengikuti perlombaan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di tingkat nasional.

“Mudah mudahan proses verifikasi penilaian hari ini berjalan dengan lancar, sehingga Kampung Muslimin Cut Nyak Dhien Pasi Pinang bisa mewakili Aceh untuk ikut serta dalam perlombaan Kampung KB, dan meraih juara di tingkat nasional,” harapnya.

Ia berharap selain mendapat prestasi di tingkat nasional, kesempatan ini juga diharapkan bisa menjadi motivasi bagi kampung muslimin untuk terus berbenah dan meningkatkan pembinaan kepada masyarakat sehingga bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya dan meraih prestasi-prestasi yang dapat membanggakan daerah.