Demo Aliansi Pemuda Aceh di Gedung KPK: Tangkap Gubernur Aceh, Tangkap Nova!

Dalam aksi tersebut, mereka mendesak KPK segera menangkap Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.
Demo Tangkap Nova
Demo Aliansi Pemuda dan Masyarakat Aceh di depan gedung KPK di Jakarta, Senin (31/1/2022) | Foto: IST

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Aliansi Pemuda dan Masyarakat Aceh menggelar demostrasi di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (31/1/2022).

Dalam aksi tersebut, mereka mendesak KPK segera menangkap Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

“Tangkap Gubernur Aceh, tangkap Nova!” teriak peserta aksi melalui pengeras suara.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut mengangkat sederet isu dugaan korupsi besar yang selama ini mencuat di Aceh.

Dimulai dari dugaan korupsi pada pengadaan KMP Aceh Hebat, pengadaan Sapi, dan sejumlah kasus lain yang terungkap berdasarkan LHP BPK RI.

Massa mendesak agar KPK mengusut tuntas semua dugaan tindak pidana korupsi di Aceh, termasuk yang terindikasi melibatkan Nova Iriansyah beserta kroninya.

Para demonstran juga menyoroti status Aceh sebagai provinsi miskin se Sumatera. Padahal Aceh memiliki anggaran besar sejak diberlakukannya UU Nomor 11 Tahun 2006.

“Kami ingin menyuarakan aspirasi rakyat. Kami iberharap KPK mengusut tuntas semua kasus korupsi di Aceh,” ucap demonstrans.

Sorot DOKA

Gubernur Aceh
Aliansi Pemuda Aceh Desak KPK Tangkap Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. | Dok. Foto Gubernur Aceh Nova Iriansyah/Humas Aceh

Para demonstran juga menyoroti Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) yang diperoleh Aceh pascaperjanjian damai antara GAM dan Pemerintah republik Indonesia 2005 silam di Helsinki.

Menurut demonstran, dana tersebut didapat setelah penderitaan panjang yang dialami rakyat Aceh akibat konflik dan kekerasan.

Karena itu, Aliansi pemuda dan Masyarakat Aceh mendesak KPK menindak siapapun yang terlibat dalam pencurian kekayaan Aceh untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya. (*)