Demi Lindungi Warganya dari Corona, Qatar Berlakukan Aturan Superketat Hingga Denda Ratusan Juta Rupiah

ACEHSATU.COM, DOHA – Demi mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) serta ingin melindungi warganya dari bahaya wabah tersebut, Pemerintah Qatar Pemerintah Qatar membuat aturan superketat dengan denda gila-gilaan.

Tak tanggung-tanggung, Qatar mengancam warganya yang tidak patuh dengan hukuman bui dan denda paling banyak 200 ribu Riyal Qatar atau setara Rp 817 juta bagi yang tidak menggunakan masker saat melakukan kegiatan diluar rumah. Dilansir dari AFP, Jumat (15/5), penerapan denda itu buntut dari melonjaknya kasus positif virus corona.

Media lokal Qatar News Agency melaporkan aturan memakai masker berlaku untuk seluruh warga yang keluar rumah dalam keadaan apapun tanpa alasan, kecuali warga yang mengemudi kendaraan sendirian.

Aturan tersebut berlaku efektif mulai Minggu (17/5) mendatang dengan pemberitahuan lebih lanjut. Ditambahkan bahwa ada ancaman hukuman maksimum 3 tahun penjara dan hukuman denda maksimum 200 ribu Riyal Qatar bagi para pelanggarnya.

Hingga saat ini Pemerintah Qatar masih menutup bar, restoran, bioskop dan masjid dalam upaya membatasi penyebaran virus Corona. Namun proyek-proyek konstruksi, termasuk pembangunan stadion Piala Dunia 2022, mulai dilanjutkan kembali dengan aturan baru yang memberlakukan social distancing. (*)