Demi Kualitas dan Kuantitas Kopi Gayo Pemkab Aceh Tengah Kerjasama Dengan Lembaga Scopi

"Selama ini, para petani belum terfasilitasi dengan praktik budi daya tani yang tepat. Kami berharap kerja sama ini akan meningkatkan kuantitas dan kualitas kopi arabika gayo,"
Pemkab Aceh Tengah gandeng Scopi tingkatkan kualitas kopi gayo
Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menerima kunjungan Scopi di Takengon, Aceh Tengah, Senin (23/5/2022).

ACEHSATU.COM | Aceh Tengah – Demi kualitas dan kuantitas kopi gayo Pemkab Aceh Tengah Kerjasama dengan lembaga Scopi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah menggandeng dan bekerja sama dengan lembaga Sustainable Coffee Platform Indonesia (Scopi) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi gayo.

“Kami menyambut program kerja sama tersebut karena akan memberikan efek yang signitif atas peningkatan kuantitas dan kualitas kopi gayo secara berkelanjutan,” kata Shabela Abubakar selaku bupati Aceh Tengah, Selasa.

Kerja sama tersebut, kata Shabela Abubakar, bertujuan untuk memberikan edukasi dan peningkatan profesionalisme kepada petani kopi dan para pelaku usaha kopi di Kabupaten Aceh Tengah.

Menurut Bupati, kerja sama tersebut juga akan memperluas pengembangan kapasitas dan implementasi tentang praktik budi daya kopi arabica gayo kepada petani.

“Selama ini, para petani belum terfasilitasi dengan praktik budi daya tani yang tepat. Kami berharap kerja sama ini akan meningkatkan kuantitas dan kualitas kopi arabika gayo,” kata Shabela Abubakar.

Sustainable Coffee Platform Indonesia yang disingkat Scopi merupakan sebuah lembaga nonprofit yang peduli terhadap pengembangan dan keberlanjutan budi daya kopi di Indonesia.

Lembaga ini konsen pada penyediaan praktik pembelajaran bersama untuk pengembangan komoditas kopi di Indonesia mulai dari praktik budidaya dan pascapanen.

Serta penguatan organisasi petani, akses pasar, akses keuangan, indikasi geografis, sampai dengan peningkatan kemitraan petani dengan pemerintah dan swasta.