oleh

Demi Istrinya Yang Hamil Tua, Pria yang Kiosnya Digusur di Lamreung Harus Menjajakan Rokok di Meja Warung Kopi

-Banda Aceh-98 views

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Rahmat bin Ridwan (38) Pria Asal Lam Ujong Meunasah Manyang harus menjajakan rokok dagangannya di meja salah satu warung kopi di Jl. Lamreung kota Banda Aceh.

Hal ini dilakukannya demi memenuhi kebutuhan hidup keluarganya setelah Kiosnya telah digusur Kamis (17/01/2019).

Saat dijumpai ACEHSATU.COM Jumat (18/01/2019)  Rahmat mengatakan ini harus dilakukannya demi mencukupi hidup keluarganya, karena ini satu-satunya mata pencaharian baginya. Sedangkan tempat yang disediakan untuk mereka dibelakang Pasar Simpang Tujuh sangatlah tidak potensial, dan tidak cocok untuk berdagang kios seperti dia.

Ditambah Lagi Rahmat memiliki istri yang sedang hamil tua, sehingga ia harus menyiapkan uang untuk biaya persalinan istrinya nanti.

“Pertama saya duduk dan memesan kopi, kemudian saya meminta izin kepada pemilik warung untuk menjajakan rokok di meja saya minum” ujarnya.

Rahmat juga berharap Pemko Banda Aceh bisa melihat kondisi pedagang seperti mereka dan bisa menyediakan tempat yang lebih potensial untuk pedagang ritel kios yang menyediakan kebutuhan sehari-hari, seperti rokok, sabun, tisu dan lain-lain.

Sehingga tempat yang paling cocok ialah di pinggir jalan yang mudah untuk diakses oleh masyarakat.

Untuk diketahui, sebanyak enam bangunan liar yang yang berada di jalan Lamreung atau disamping Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Banda Aceh dibongkar oleh  Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh, Kamis (17/01/2019).

Keenam bangunan tersebut melanggar Perwal No 44 tahun 2010 tentang standar teknis penataan bangunan gedung di Wilayah Kota Banda Aceh pasal 20 dan juga melanggar Perwal No 11 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat.

Kendati pun demikian, Pemko Banda Aceh juga harus memikirkan tempat lain yang potensial bagi pedagang yang digusur untuk bisa menjalankan roda ekonomi kehidupan mereka. (*)

Komentar

Indeks Berita