Dayah di Aceh Utara Terbakar, Bilik Santri dan 1 Unit Motor Hangus

Dayah di Aceh Utara Terbakar, Bilik Santri dan 1 Unit Motor Hangus
ILUSTRAS - Kebakaran Dayah Darul Ulum Aceh Utara. | Foto NET

ACEHSATU.COM | LHOKSUKON – Peristiwa kebakaran menimpa Dayah Darul Ulum Desa Beunot Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara.

Musibah yang terjadi pada Senin (31/8/2020) sore tadi itu menghanguskan enam unit bilik santri beserta isinya dan satu unit sepeda motor.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Utara, Amir Hamzah kepada wartawan mengatakan, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 15.30 WIB diduga akibat akibat korsleting arus listrik.

Ia menyebutkan, peristiwa itu menghanguskan seluruh isi bilik yang dihuni santri laki-laki.

“Dugaan sementara akibat arus pendek listrik dan untuk kerugian ditaksir material diperkirakan mencapai Rp100 juta. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini,” kata Amir Hamzah dikutip dari Antara..

Berdasarkan keterangan Pimpinan Dayah Darul Ulum Tgk Husaini Mahmud, Amir menyebut saat kejadian para santri laki-laki sedang melakukan kegiatan gotong royong di belakang pesantren.

Enam unit bilik Dayah Darul Ulum Aceh Utara hangus terbakar | ANTARA/HO

“Pada saat sedang gotong royong, tiba-tiba salah seorang santri melihat melihat adanya api di bagian belakang bilik santri laki-laki,” ujarnya.

“Api pun semakin membesar dikarenakan bangunan bilik tersebut berkonstruksi kayu,” jelasnya lagi.

Alat seadanya

Kemudian kejadian tersebut dilaporkan santri kepada rekannya dan warga di sekitar dayah. Upaya pemadaman santri dengan dibantu warga setempat dengan alat seadanya.

Namun karena kondisi bilik berkonstruksi kayu sehingga api dengan mudahnya melahap bilik tersebut.

Kejadian itu juga sempat dilaporkan ke petugas pemadam kebakaran, kemudian petugas damkar menuju ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman api.

“Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 14.45 WIB setelah tiga unit armada damkar milik Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe dikerahkan,” terang Amir Hamzah. (*)