Dampak Sosialisasi Masif, Vaksin Siswa di Aceh Meningkat Drastis

Dampak sosialisasi masif yang dilakukan Pemerintah Aceh kesejumlah sekolah dan dayah terkait manfaat vaksin, tiga minggu ini angka usia 12-17 warga Aceh yang sudah divaksin mencapai 135 ribu orang.
siswa aceh divaksin
Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M. Kes didampingi, Kadis Pendidikan Aceh, Drs.Alhudri, MM., berfoto bersama saat meninjau pelaksanaan vaksinasi usia sekolah di SMP Negeri 2 Banda Aceh, Rabu, (29/9/2021). acehsatu.com/ist

ACEHSATU.COM [ BANDA ACEH –  Dampak sosialisasi masif yang dilakukan Pemerintah Aceh kesejumlah sekolah dan dayah terkait manfaat vaksin, tiga minggu ini angka usia 12-17 warga Aceh yang sudah divaksin mencapai 135 ribu orang.

“Alhamdulillah dari 577 ribu sasaran vaksinasi remaja usia 12-17 tahun di Aceh, saat ini cakupannya sudah sekitar 135 ribu orang yang sudah divaksin,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Aceh dr Iman Murahman kepada wartawan, Rabu (13/10/2021)

Dijelaskan, vaksinasi siswa sekolah terjadi peningkatan yang signifikan dalam tiga pekan terakhir.Ppada periode Agustus-September 2021, cakupan vaksinasi remaja di Tanah Rencong itu baru sekitar 19 ribu orang namun setelah jajaran Pemerintah Aceh melakukan sosialisasi secara masif ke sekolah-sekolah baik tingkat SMP maupun SMA sederajat, cakupan vaksinasi remaja meningkat hingga mencapai sekitar 135 ribu orang dalam kurun waktu tiga pekan.

“Sosialisasi yang luar biasa dari Sekda (Sekretaris Daerah Aceh), dan kemudian dilanjutkan road show ke seluruh daerah, 23 kabupaten/kota di Aceh,dalam tiga minggu ini menjadi 135 ribu orang, luar biasa peningkatan,” ujar Iman.

siswa aceh divaksin
Sekretaris Daerah Aceh, dr.Taqwallah, M.Kes, foto bersama Pimpinan dan Waga Dayah saat bersilaturrahmi sekaligus memberikan Sosialisasi Vaksinasi Covid-19, yang turut dihadiri Sekda Pidie Jaya, Ir. Jailani, beserta Forkopimda Pidie Jaya, Kadinkes Aceh, dr.Hanif, Kadisdik Dayah Aceh, Zahrol Fajri, S.Ag, MH dan Karo Humpro Setda Aceh, Muhammad Iswanto, S.STP, MM, di Aula Kantor Bupati Pidie Jaya, Senin (11/10/2021). acehsatu.com/ist

Pemerintah Aceh lanjut, Iman menargetkan cakupan vaksinasi dosis pertama bagi kelompok remaja sekolah tersebut bisa mencapai 50 persen pada Oktober 2021. Apalagi pada Selasa (12/10), kata dia, Aceh juga telah mendapatkan tambahan sebanyak 46.800 dosis vaksin Pfizer, yang bisa gunakan untuk kelompok remaja mulai usai 12 tahun ke atas.

Sementara vaksin Sinovac yang digunakan selama ini di Aceh hanya bisa disuntik bagi remaja yang telah usia mulai 18 tahun ke tas.

“Memang ada beberapa kabupaten/kota yang cakupan vaksinasi remaja sudah mencapai 50 persen, tapi kita berharap rata-rata semua kabupaten/kota bisa 50 persen pada Oktober ini,” katanya.

Iman menjelaskan, vaksinasi Covid-19, sebagai upaya percepatan terciptanya kekebalan kelompok (herd immunity) di tengah masyarakat meskipun demkiuan warga  dihimbau agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan yakni selalu memakai masker saat berada diluar rumah, sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir atau menggunakan sanitizer dan selalu menjaga jarak dengan menghindari kerumunan serta mengurangi bepergian keluar daerah jika tidak ada keperluan mendesak (*)