Dampak Kelangkaan BBM Solar, Sudah Seminggu Nelayan Lhokseumawe Tidak Melaut

Dampak kelangkaan solar subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar, Seminggu terakhir ratusan nelayan Kota Lhokseumawe tidak melaut. Walaupun ada uang, para nelayan ini tidak diperbolehkan membeli solar di SPBU karena tidak ada surat khusus pembelian solar.
kelangkaan bbm solar
Foto: ANTARA FOTO/Fransisco Carollio Baca artikel detikfinance, "Solar Langka di Beberapa Daerah, Giliran RI Alami Krisis Energi?" selengkapnya https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5773703/solar-langka-di-beberapa-daerah-giliran-ri-alami-krisis-energi. Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

ACEHSATU.COM [ LHOKSEUMAWE – Dampak kelangkaan solar subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar, Seminggu terakhir ratusan nelayan Kota Lhokseumawe tidak melaut. Walaupun ada uang, para nelayan ini tidak diperbolehkan membeli solar di SPBU karena tidak ada surat khusus pembelian solar.

Sementara pihak manajemen Pertamina mengaku kelangkaan BBM solar akibat tingginya permintaan BBM jenis solar di Aceh yang terus meningkat.Pertamian saat ini berupaya pasokan BBM solar mendekati kebutuhan konsumen

“Sepekan terakhir solar mulai langka di Lhokseumawe sehingga nelayan tidak dapat melaut, biasanya para nelayan ini membeli solar di SPBU nelayan, jika di SPBU tersebut kosong pasokan minyak solar,  mereka tidak dapat membeli solar di SPBU lain karena tidak ada surat khusus,”ujar seorang nelayan, Hendra  kepada wartawan. Kamis (21/10/2021)

Akibat kelangkaan BBM jenis solar ini, banyak nelayan di Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe tidak dapat melaut meski mereka memiliki uang untuk mebeli solar di SPBU lain namun mereka tidak dizinkan membeli solar karena tidak memiliki surat khusus, berbeda dengan kapal GT yang dapat membeli solar di SPBU kerena memiliki surat khusus.

Lanjut nelayan ini untuk keperluan melaut, kapal nelayan tradisional ini sehari membutuhkan 35 liter BBM jenis solar,  para nelayan berharap Pemerintah  dapat memasok kembali BBM jenis solar untuk SPBU nelayan sehingga para nelayan dapat melaut kembali guna memnuhi kebutuhan keluarga.

Tingginya Permintaan  

Sementara itu, pihak manjemen PT Pertamina melalui sales Areal Manager PT Pertamina Aceh, Sonny Indro Probowo mengaku kelangkaan BBM solar di Aceh akibat tingginya permintaan BBM jenis solar yang terus meningkat dibandingkan pasokan BBM jenis solar diseluruh Aceh.

 “Pihaknya saat ini sudah menambahkan suplai BBM jenis solar sesuai kebutuhan permintaan konsumen agar tidak ada lagi antrian di sejumlah SPBU sehingga kondusif kembali,” demikian Areal Manager PT Pertamina Aceh, Sonny Indro Probowo (*)