Dampak Banjir Kian Meluas, Bupati Aceh Barat Minta Perhatian Pusat

Bupati Aceh Barat minta pusat bantu atasi banjir
Bupati Aceh Barat, Ramli MS. | Foto Net

ACEHSATU.COM | MEULABOH – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menyebut kerugian akibat musibah banjir yang melanda kawasan itu dirasakan semakin meluas dan menggangu aktifitas perekenomian warga setempat.

Pemerintah pusat pun diminta turun tangan membantu mengatasi persoalan.

Bupati Aceh Barat, Ramli MS dalam keterangannya kepada wartawan mengharapkan perhatian pemerintah pusat untuk segera menangani dampak musibah banjir.

Menurut Bupati, banjir yang selama ini melanda daerahnya bisa mencapai lima kali dalam setahun. Hal itu sangat aktifitas perekonomian masyarakat menjadi terganggu.

“Jujur saja, selama ini Aceh Barat dilanda banjir besar minimal lima kali dalam satu tahun. Musibah ini menyebabkan berbagai sektor di masyarakat ikut terdampak, seperti ekonomi dan hasil pertanian termasuk kebutuhan pangan masyarakat,” kata Ramli MS di Meulaboh, dikutip dari Antara, Senin (10/8/2020).

Bupati menyebut, bencana alam yang terjadi di Aceh Barat selama ini dipengaruhi oleh faktor tingginya curah hujan.

Kendati demikian, Bupati mengakui bahwa infrastruktur irigasi dan sarana pencegah banjir yang belum memadai juga turut menjadi penyebab terjadinya banjir.

Setiap hujan turun dengan intensitas tinggi, air tidak mampu tertampung sehingga menggenangi pemukiman warga.

Selama ini, banjir tidak hanya mengganggu aktifitas warga dalam mencari nafkah. Bahkan, akibat banjir juga berdampak pada banyaknya ternak sapi, kerbau dan unggas milik warga yang mati akibat terendam. 

Sarana pencegah banjir

Karena itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berharap pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) membantu pemerintah daerah dengan membangun sarana pencegah banjir.

Seperti pembangunan jaringan irigasi, saluran pembuangan air, dan termasuk pelurusan sungai.

“Kalau beban bencana dibebankan kepada daerah tentu sangat tidak mungkin, karena dana ABPD sangat terbatas,” kata Bupati.

“Kami berharap pemerintah agar membantu anggaran penanggulangan bencana ke daerah yang rawan bencana, sehingga ketika terjadi musibah, penanggulangan kepada masyarakat terdampak dapat lebih mudah dilakukan,” tandas Bupati Ramli MS. (*)