Dahsyat! Ini Akumulasi Dana yang Terkumpul untuk Palestina

ACEHSATU.COMAkumulasi dari penggalangan dana bantuan untuk Palestina terkumpul fantastis. Hanya beberapa hari melakukan penggalangan, dana yang terkumpul mencapai Rp64 miliar lebih. Perolehan dana ini akan bertambah seiring masih dibukanya donasi oleh berbagai pihak.

Doa dan dukungan dari negara-negara muslim di dunia terus mengalir untuk warga Palestina menyusul agresi yang dilakukan Israel. Sekitar 219 warga Palestina menjadi korban perang yang terjadi 11 hari belakangan. Hal ini tidak menghentikan sikap Israel untuk memborbardir Gaza dan menguasai tanah-tanah palestina.

Dikutip dari Sindonews.com, Pemerintah bersama rakyat Indonesia telah mengumpulkan donasi sebagai dukungan terhadap rakyat Palestina yang saat ini menghadapi agresi Israel. 

Berikut akumulasi dana yang terkumpul yang dipublikasikan Zara melalui akun Twitternya @zarazettirazr.

Sejumlah Dai dan selebritis Indonesia juga ikut andil dalam penggalangan dana untuk Palestina ini. Di antarnya, influencer Taqy Malik dan Atta Aurel menunjukkan solidaritasnya untuk Palestina. Taqy Malik mengumpulkan jumlah donasi Rp5,4 Miliar. Sedangkan Atta Aurel Rp1,6 Miliar dari target Rp2 Miliar.

Warga Palestina memanggil uluran tangan dari negara-negara muslim di dunia. Hingga hari ini akumulasi penggalangan dana untuk Palestina terkumpul Rp64 miliar lebih dari berbagai pihak di Tanah Air. Foto/Ist

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Rp4,3 Miliar dari target Rp10 Miliar. Pendakwah kondang Ustaz Adi Hidayat (UAH) mengumpulkan Rp30 Miliar. Buya Yahya sebesar Rp1,3 Miliar.

PMI menyalurkan dana publik senilai Rp1 Miliar untuk Palestina. NU care sejauh ini terkumpul Rp772 juta. Aceh serahkan Rp1,8 Miliar untuk Ambulans di Palestina. Lazismu Jatim kumpulkan Rp1,8 Miliar. Kemudian Muhammadiyah melalui Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) himpun dana Rp10 Miliar.

Kemudian Yayasan Askar Kauny memberikan bantuan pangan dan obat-obatan senilai Rp100 juta. Timnya juga mengirim bantuan khusus Rp50 juta bagi para penghafal Al-Qur’an di Al-Quds (Palestina).

Pemerintah Indonesia sendiri memberikan bantuan kemanusian senilai US$500 ribu atau setara sekitar Rp7,1 Miliar. Dari negara tetangga, rakyat Malaysia mengumpulkan 17,8 Juta Ringgit.

Sebagian dana yang dikumpulkan telah disalurkan dan ditransfer langsung ke lembaga-lembaga internasional. Sebagian lagi disalurkan langsung ke Gaza Palestina. Pemerintah Indonesia sendiri menyatakan komitmennya untuk terus membantu rakyat Palestina.

Penggalangan dana untuk Palestina ini masih sebagian kecil saja. Masih banyak pihak-pihak lain yang melakukan pengumpulan dana, namun tidak terekspos media. Semoga mereka yang memberikan bantuan materi maupun doa untuk Palestina mendapat ganjaran pahala berlipat dari Allah Ta’ala.

Allah berfirman:

هَلْ جَزَاءُ الإحْسَانِ إِلا الإحْسَانُ

“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS Ar-Rahman: 60)

Dalam satu Hadis Nabi disebutkan: “Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari Kiamat. Dan barangsiapa yang meringankan beban seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan bebannya di dunia dan Akhirat.” (HR Muslim No 2699). (*)