COVID Berakhir, Disbudpar Aceh Terapkan Tiga Strategi Guna Majukan Pariwisata

“Sistem pemerintahan dan masyarakat Aceh sebagai daerah yang menerapkan syariat Islam dapat menjadi nilai pendukung dalam pengembangan wisata halal,”
Pulau pemberhentian
Foto Dok. Anekatempatwisata.com

ACEHSATU.COM | Banda Aceh – Tiga strategi utama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh dalam pemulihan kembali sektor pariwisata di daerah setempat menyusul perubahan status pandemi menjadi endemi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Almuniza Kamal di Banda Aceh mengatakan “Salah satu strategi utama dalam memulihkan sektor pariwisata adalah melalui adaptasi, inovasi, dan kolaborasi antarsektor,” Selasa, (24/1/2023).

Almuniza menjelaskan lewat kolaborasi yang dilakukan tersebut akan mampu meningkatkan pertumbuhan diberbagai sektor menyusul membaiknya sektor pariwisata di seluruh daerah.

“Insya Allah, perubahan status pandemi menjadi endemi bisa menjadi stimulan untuk membangkitkan perekonomian melalui beragam program yang akan kami laksanakan tahun ini, tentunya melalui tagline “Lestarikan Budaya, Majukan Pariwisata,” Sebut Almuniza.

Menurut Almuniza, Aceh memiliki potensi wisata yang sangat baik untuk dapat dikelola dalam membangun industri pariwisata.

“Sistem pemerintahan dan masyarakat Aceh sebagai daerah yang menerapkan syariat Islam dapat menjadi nilai pendukung dalam pengembangan wisata halal,” kata Almuniza.

Selanjutnya Almuniza juga mengatakan untuk membenahi sektor pariwisata ada empat pilar yang harus dimaksimalkan yakni destinasi, pemasaran, industri, dan kelembagaan.

“Keempat pilar tersebut harus digerakkan serentak agar Aceh menjadi destinasi unggulan wisata halal dunia,” katanya.

Pihaknya optimistis dengan penerapan tiga strategi dan pembenahan empat pilar tersebut kebangkitan sektor pariwisata Aceh akan terwujud.

Almuniza menambahkan Provinsi Aceh memiliki banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi dan akan terus dikembangkan guna menarik wisatawan berkunjung ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu.