Berita Lainnya

Hukum

Politik

ACEHSATU.COM | EDUKASI – Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat yang Baik dan Benar Bagi anda yang sedang mencari tentang contoh teks pidato persuasif, tepat sekali telah mengunjungi artikel ini.

Di sini anda akan mendapatkan penjelasannya secara lengkap. 

Pidato Persuasif sendiri diartikan sebagai sebuah pidato yang berisi tentang ajakan kepada audience atau pendengar untuk melakukan sesuatu atau tindakan tertentu. 

Saat melakukan pidato persuasif upayakan bisa menguasai audience dan si pendengar bisa menyimak pidato yang disampaikan. Biasanya pidato persuasif banyak digunakan untuk memberikan himbauan pada kelompok tertentu. 

Paling mudah contoh pidato persuasif yang sering dijumpai adalah saat ada acara di desa. Biasanya Kepala Desa di lingkungan masyarakat kerap kali memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. 

Tak hanya itu saja, jenis – jenis atau contoh Pidato Persuasif juga sangat beragam, sesuai dengan konteks dan kebutuhannya. 

Cara Membuat Pidato PersuasifAda beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat pidato persuasif. Pertama adalah bagian pembukaan, lalu yang ke dua adalah isi dan terakhir adalah penutup. 

Pada bagian pembukaan, anda harus tahu siapa saja yang menjadi target atau audince anda. Karena pada bagian ini akan menyapa rekan – rekan undangan yang hadir.

Kemudian yang kedua adalah fokus pada isi pidato yang akan disampaikan. Nah, pada bagian ini usahakan anda telah menguasai topik yang dibicarakan kepada pendengar. 

Terakhir adalah penutup, hendaknya disisipkan harapan – harapan dan jangan lupa juga sisipkan ajakan untuk para audience sesuai dengan materi pidato yang disampaikan.

 Contoh Pidato Persuasif Tentang Bahaya NarkobaPembukaan : (Ucapkan salam) Selamat pagi / siang/ sore bapak, ibu dan hadirin sekalian.

Terima kasih atas kedatangannya pada acara hari ini. Semoga kita semua dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Izinkanlah saya mengucapkan beberapa informasi tentang bahaya narkoba di kalangan pelajar dan muda – mudi baik dilingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. 

isi : Menyikapi soal pergaulan anak muda saat ini, narkoba menjadi salah satu momok yang harus diperangi bersama, supaya generasi – generasi muda Indonesia dapat terhindar dari obat – obatan terlarang yang dapat merusak masa depan. 

Jangan sekali – kali mencoba untuk menggunakan narkoba, sebab kandungan zat aditif dalam obat terlarang tersebut dapat menyebabkan para penggunanya kecanduan dan sulit untuk berhenti menggunakannya. 

Selain bahaya, menggunakan narkoba juga bisa merugikan orang lain.

Sebab pengguna narkoba bisa melakukan tindak kejahatan yang lainnya.

Sebut saja pencurian, perampokan, hingga hal – hal negatif lainnya, dengan tujuan hanya untuk bisa membeli barang tersebut lantaran sudah kecanduan dan sudah tidak ada lagi uang untuk membelinya. 

Penutup: Melihat dari pendataan di BNN tahun 2022 lalu, setidaknya ada 3 juta lebih yang terdata dan menggunakan barang tersebut.

Bapak / Ibu jangan samapai anak – anak kita terjerumus dalam dunia obat – obatan terlarang. Pertimbangkan kembali masa depan anda sebelum mencicipi barang haram tersebut.

Saat ini banyak sekali perusahaan atau sekolah yang memberlakukan cek kesehatan untuk membuktikan jika yang bersangkutan itu benar – benar bersih dari narkoba.

Bayangkan jika anda menggunakan barang tersebut, bagaimana dengan masa depan anda, seperti pendidikan dan karir, bukankah akan hancur?Oleh sebab itu dihimbau untuk adik – adikku sekalian, muda – mudi dan bapak / ibu, mohon dipantau baik – baik generasi muda bangsa Indonesia ini, supaya tidak salah pergaulan apalagi sampai mengkonsumsi narkoba.

Sebab narkoba bisa merusak masa depan mereka.

Mari kita sama – sama menjauhi narkoba.

Say NO to Drugs. Sekian dan terima kasih. Contoh teks pidato persuasif lainnya dan lebih lengkap dilahkan kunjungi pastiguna.com dan anakui.com.

Demikian ulasan artikel kali ini, semoga bermanfaat.