oleh

Ciptakan Penghijauan dan Melestarikan Bumi, Polres Aceh Timur Tanam Ribuan Pohon

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Polres Aceh Timur bersama seluruh polsek jajarannya menanam serentak ribuan bibit pohon dan penghijauan.

Kegiatan itu dilaksanakan realisasi program penanaman pohon serentak Polda Aceh dan Polres jajarannya, Selasa, (14/01/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Bupati Aceh Timur yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Ikhsan Muhayat, S.S.T.P,M.A.P.

Dandim 0104/Atim yang diwakili oleh Danramil 05/Idr Idi Rayeuk Kapten Inf Jumari, Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K,M.H. Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Timur Asbun Hasbulloh Syambas, S.H,M.H.

Ketua Pengadilan Negeri Idi Afriyanti, S.H,M.H, Perwakilan DPRK Aceh Timur, Ketua MPU Aceh Timur Tgk. H Muhammad Nur (Abu Kinere), Wakapolres Aceh Timur Kompol Warosidi, S.H,M.H, serta para Kepala Dinas dalam lingkup Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur, Ketua Cabang Bhayangkari Aceh Timur Ny. Yuli Eko Widiantoro berserta pengurus dan anggota, Para Kabag, Kasat, dan Pejabat Utama Polres Aceh Timur.

Dalam sambutanya Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K,M.H mengatakan, kegiatan ini merupakan program Polri Peduli Penghijauan di seluruh Polres jajaran Polda Aceh, dengan tujuan menciptakan penghijauan dan melestarikan bumi Indonesia dalam hal ini khususnya di Kabupaten Aceh Timur.

Orang nomor satu jajaran Polres Aceh Timur itu juga menghimbau kepada seluruh polsek jajaran Polres Aceh Timur, dianjurkan untuk menanam pohon sedikitnya seratus pohon di wilayah hukumnya masing-masing.

“Semoga ini tetap kita laksanakan dan setelah itu bertahap kita cek pohon yang kita tanam ini,” ujar Kapolres.

Menurutnya, bencana alam seperti banjir dan tanah longsor melanda di beberapa daerah di Indonesia, diperkirakan karena menipisnya lahan hijau. Maka dari alasan itulah Polres Aceh Timur menggelar aksi penanaman satu juta pohon.

Penanaman dilakukan di lahan kosong milik Polres Aceh Timur di Gampong Paya Bili Sa, Kecamatan Peudawa Kabupaten Aceh Timur diatas lahan seluas dua hektar dengan bibit tanaman sebanyak 1.300 pohon. Alasan dipilih tempat ini memang program ini dilaksanakan di (area) markas Kepolisian.

Adapun jenis pohon yang ditanam adalah pohon buah, seperti rambutan, durian, kelapa, pete, duku dan berbagai buah lainnya.

Harapannya kita ingin mengajak seluruh elemen masyarakat bersama menanam bibit pohon, minimal satu orang satu pohon. Dengan itu Aceh Timur akan dikenal miliki hutan yang hijau dan terpelihara.

“Selain itu, kita juga meninggalkan hal yang baik untuk anak cucu kita nanti,” tegas Kapolres.

Disebutkan, program penanaman pohon ini juga membawa manfaat terhadap kelangsungan lingkungan, banyak yang dapat dirasakan dan dinikmati dari keberadaan tanaman disekitar kita.

”Keberadaan pohon banyak manfaatnya, selain lingkungan lebih hijau, asri dan sejuk, juga bagiaan dari antisipasi bencana,” ungkap Kapolres.

Kapolres berharap, program ini jangan hanya untuk jangka pendek saja, ke depan pohon yang ditanam saat ini dapat di jaga dan di rawat dengan baik.

”Saya berharap dengan penanaman ini, ada sejuta manfaat yang dapat dirasakan di masa yang akan datang,” tutup Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K,M.H. (*) 

Komentar

Indeks Berita