China Akan Gelontorkan Rp 29 Triliun Bantu Negara Berkembang Perangi Covid-19

ACEHSATU.COM, BEIJING – Presiden China Xi Jinping dalam sebuah pertemuan virtual Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menjanjikan bantuan keuangan sebesar 2 miliar dolar AS setara Rp 29 triliun terutama bagi negara berkembang untuk memerangi wabah corona di negara mereka.

Pernyataan tersebut dikatakan Xi Jinping sebagaimana Dilansir Channel News Asia Senin (18/5/2020), bahkan ia menekankan bila negaranya saat ini telah transparan. Adapun bantuan finansial itu akan diberikan dalam jangka waktu 2 tahun.

Pemerintah China juga setuju dan mendukung atas desakan dunia untuk melakukan penyelidikan terhadap asal usul Covid-19 sebagaimana diserukan oleh negara-negara maju.

Namun, Presiden Xi Jinping menegaskan dia ingin agar investigasi itu baru dilakukan setelah virus tersebut bisa dikendalikan. Dirinya juga mengusulkan agar penyelidikan itu dilakukan secara profesional dan dipimpin Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“China mendukung evaluasi komprehensif respons global terhadap wabah setelah mampu tertangani, untuk mengumpulkan pengalaman dan memperbaiki kekurangan,” kata Xi Jinping secara virtual. (*)