Nanggroe

Ceulangiek: Bah Diteupue Ban Sigom Donya GAM Ka Kompak Lom

Ceulangiek meminta kepada Pemerintah Aceh agar peringatan hari perdamaian Aceh yang ke-13 agar mengundang seluruh elit GAM yang ada di Aceh maupun di luar negeri.

FOTO | FAJRI BUGAK

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Salah satu mantan kombatan GAM yang kini duduk di parlemen tingkat kabupaten menyatakan kegembiraannya atas pertemuan para tokoh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) beberapa hari lalu.

“Kita rajut kembali kekompakan antar elit GAM di usia 13 tahun MoU Helsinki. Nyoe penting bah diteupue ban singom donya bahwa GAM ka kompak lom,” kata Ketua Fraksi Partai Aceh DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar yang akrab disapa Ceulangiek kepada ACEHSATU, Kamis (2/8/2018).

Menurutnya, momentum hari perdamaian Aceh yang diperingati setiap 15 Agustus yang sudah memasuki usia ke 13 tahun menjadi momentum memperkuat persatuan dan kesatuan, khususnya GAM serta seluruh masyarakat Aceh ban sigom Aceh.

Untuk itu, Ceulangiek  meminta kepada Pemerintah Aceh agar peringatan hari perdamaian Aceh yang ke-13 agar mengundang seluruh elit GAM yang ada di Aceh maupun di luar negeri.

Politisi Partai Aceh ini juga berharap kepada seluruh masyarakat Aceh agar memajatkan doa serta berzikir untuk mengenang usia ke 13 tahun perdamaian GAM dan RI.

Sebagaimana diketahui, setiap tahun tepatnya pada 15 Agustus, Pemerintah Aceh selalu menggelar peringatan damai antara Republik Indonesia (RI) dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Agenda tahunan itu agar rakyat Aceh tidak melupakan sejarah berakhirnya konflik berkepanjangan yang ditandai dengan Memorandum of Understanding (MoU) di Helsinki pada tahun 2005.

Sebelumnya diberitakan, Sejumlah tokoh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) baik dari kalangan diplomat maupun eks militan Teuntra Neugara Aceh (TNA) bertemu di Hotel Pade Banda Aceh, Sabtu (28/7/2018), malam.

Pertemuan tersebut berlangsung tertutup untuk insan pers. Namun, agendanya disebut-sebut sebagai bagian dari konsolidasi dari mantan GAM yang kini berkecimpung dalam partai politik lokal (PA dan PNA). (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top