Cerita Boat Terbalik di Laut Ulee Lheue yang Tewaskan Amoy dan Apin

Cerita Boat Terbalik di Laut Ulee Lheue yang Tewaskan Amoy dan Apin

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Sebuah boat nelayan dilaporkan terbalik di perairan sekitar Pantai Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh, Minggu (21/6/2020).

Dalam peristiwa itu, dua dari 9 penumpangan boat yang merupakan warga Gampong Mulia, Banda Aceh, meninggal dunia.

Peristiwa nahas itu dilaporkan terjadi sekira pukul 16.25 WIB. Boat yang berada di sekitar muara Pelabuhan Ule Lheue tengah melaju menuju dermaga untuk bersandar.

Namun tiba-tiba ombak besar menghempas badan boat hingga terbalik. Semua penumpang seketika terpental ke dalam laut. Tujuh orang penumpang berhasil selamat setelah dibantu nelayan setempat.

Sedangkan Amoy (70 Tahun) dan Apin (65 Tahun) hilang sebelum akhirnya ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

“Mereka berangkat dari Pelabuhan Ujung Pancu sekira pukul16.00 WIB dengan tujuan Pelabuhan Ule Lheue. Namun saat akan tiba boat terhempas ombak dan terbalik,” kata Kepala Basarnas Aceh, Budiono dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (21/6/2020).

Dari sembilan korban boat terbalik, tujuh orang berhasil diselamatkan nelayan yang melintas. Sedangkan Amoy dan Apin hilang pasca kejadian

Sementara saat pencarian, informasi boat terbalik begitu cepat tersebut. Hal itu mengundang perhatian warga di kawasan Pantai Ulee Lheue yang memang sedang ramai karena bertepatan dengan hari libur. Warga tampak berbondong-bondong menyaksikan proses pencarian korban.

Budiono menuturkan, kondisi ombak yang parah memaksa Tim Basarnas menerjunkan Sea Rider/RIB serta Rubber Boat untuk melakukan pencarian. Hingga akhirnya kedua korban yang sempat dinyatakan hilang berhasil ditemukan.

Proses pencarian yang dilakukan pihaknya juga turut dibantu nelayan, TNI, Polri serta RAPI.

”Kami bergerak ke lokasi sekira pukul 16.45 WIB, menggunakan 1 unit Rescue Car dilengkapi 1 unit Rubber Boat dan 1 unit RIB Banda Aceh. Tim juga dilengkapi palsar air dan peralatan Komunikasi. Hari ini cuaca di Banda Aceh memang berawan dengan ketinggian ombak 1 hingga 1,5 meter,” kata Budiono. (*)