Cegah Macet di Simpang Empat Bireuen, Waktu Lampu Hijau Dihitung Ulang

Dinas Perhubungan Bireuen akan menghitung ulang lagi waktu nyala lampu hijau traffic light, untuk mencegah mobil dan sepeda motor keluar dari dalam Kota Bireuen terjebak macet di tugu Simpang Empat jalan Medan-Banda Aceh.
Simpang Empat Bireuen
Kabid Lalulintas Dishub Bireuen Safriadi MSi memberi keterangan kepada Acehsatu.Com, Kamis (21/01/2021) pagi. (Foto : Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Dinas Perhubungan Bireuen akan menghitung ulang lagi waktu nyala lampu hijau traffic light, untuk mencegah mobil dan sepeda motor keluar dari dalam Kota Bireuen terjebak macet di tugu Simpang Empat jalan Medan-Banda Aceh.

Hal itu disampaikan Kadis Perhubungan Bireuen, Ismunandar ST MT melalui Kabid Lalulintas Safriadi MSi ditanyai wartawan, Kamis (21/01/2021) pagi terkait upaya penertiban kenderaan melanggar balik arah paska ditutup simpang keluar jalan ramai.

Dijelaskan, mencegah arus kendaraan dari arah dalam kota menuju jalan Takengon dan Banda Aceh atau putar balik ke dalam kota terjebak macet di Simpang Empat, rencana kita hitung ulang waktu menyala lampu hijau.

Simpang Empat Bireuen
Kabid Lalulintas Dishub Bireuen Safriadi MSi memberi keterangan kepada Acehsatu.Com, Kamis (21/01/2021) pagi. (Foto : Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

“Penghitungan ulang waktu itu untuk dapat diketahui apakah perlu ada penambahan waktu dan setelah ditambah apakah masih ada kendaraan yang masih terjebak macet ditengah tugu Simpang Empat,” jelasnya.

Safriadi mengatakan, saat ini nyala lampu hijau dari arah utara atau dalam kota 21 detik, timur dan barat (jalan Medan-Banda Aceh dan Banda Aceh-Medan-red) 25 detik dan jalan Bireuen-Takengon 19 detik.

“Rencana penghitungan waktu ulang nyala lampu hijau itu kami lakukan saat waktu padat dari arus kendaraan. Intinya kami mengharapkan kesadaran masyarakat agar tertib dan patuhi rambu lalulintas, dan balik arah dari tugu Simpang Empat,” ujar Kabid Lalulintas Safriadi MSi. (*)