Catatan Kelam Pasangan Pembunuh Berantai di AS yang Paling Dicari FBI

Sosok Coleman bahkan pernah masuk dalam jajaran 10 orang paling dicari FBI kala itu.
pasangan pembunuh berantau
Pasangan pembunuh berantai di Amerika Serikat, Alton Coleman dan Debra Denise Brown. | Foto: AP Photo

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Berikut ini adalah sejarah paling kelam di Amerika Serikat (AS) akibat serangkaian perampokan hingga pembunuhan yang dilakukan pasangan Alton Coleman dan Debra Denise Brown.

Sosok Coleman bahkan pernah masuk dalam jajaran 10 orang paling dicari FBI kala itu.

Melansir detikcom dari Murderpedia, pada Juni 1984, mereka memulai serangkaian kejahatan keji antarnegara bagian di seluruh Midwestern Amerika Serikat.

Saat itu, Debra Brown masih berusia 21 tahun. Entah bagaimana, Debra kemudian bisa menjalin hubungan dengan pembunuh dan pemerkosa Alton Coleman.

Debra Brown bahkan rela mengakhiri pertunangan pernikahan, meninggalkan keluarganya demi bergabung dengan Alton Coleman. Selama musim panas 1984 keduanya melakukan perampokan, pemerkosaan, dan pembunuhan besar-besaran di Illinois, Wisconsin, Michigan, Indiana, Kentucky, dan Ohio.

Menargetkan orang Afrika-Amerika, pasangan itu sering berteman dengan orang asing, lalu menyerang. Terkadang memperkosa dan membunuh korban mereka, termasuk anak-anak dan orang tua.

Paling Dicari FBI

Pada 17 Juli 1984, Alton Coleman menjadi buronan ke-388 yang terdaftar oleh FBI dalam daftar Sepuluh Orang Paling Dicari (Most Wanted).

Tiga hari kemudian pasangan itu ditangkap. Karena kejinya perbuatan mereka, koalisi polisi multi-negara bagian dibentuk untuk menyusun strategi soal bagaimana menuntut Coleman dan Brown. Coleman dan Brown pun dituntut hukuman mati.
Hukuman Mati

Di Ohio Coleman dan Brown dijatuhi hukuman mati dalam setiap kasus pembunuhan, tercatat ada 8 kasus pembunuhan. Selama fase hukuman persidangan, Brown mengirimi hakim catatan yang berisi soal kepuasannya saat membunuh.

“Saya membunuh jalang itu dan saya tidak peduli. Saya bersenang-senang,” tulis Brown.

Dalam persidangan terpisah di Indiana, keduanya dinyatakan bersalah atas pembunuhan, pemerkosaan dan percobaan pembunuhan dan menerima hukuman mati.

Coleman juga menerima hukuman 100 tahun penjara tambahan dan Brown menerima tambahan 40 tahun atas tuduhan penculikan dan pelecehan anak.

Alton Coleman dieksekusi pada 26 April 2002.

pasangan pembunuh berantau
Pasangan pembunuh berantai di Amerika Serikat, Alton Coleman dan Debra Denise Brown. | Foto: AP Photo

Hukuman mati Brown di Ohio kemudian diubah menjadi hidup karena skor IQ-nya yang rendah. Selain itu, hakim juga mempertimbangkan kondisi Brown sebelum bertemu Coleman. (*)