Cara Memilih Bahan Bangunan dengan Kualitas Terbaik

Penilaian baik atau tidak sebuah bangunan tidak hanya berdasarkan tampilannya yang menarik dan enak dipandang.
Bangunan dengan Kualitas Terbaik
Dok. Net

ACEHSATU.COM — Penilaian baik atau tidak sebuah bangunan tidak hanya berdasarkan tampilannya yang menarik dan enak dipandang.

Kekuatan dan kualitas bangunan juga harus mendapat porsi penilaian tersendiri.

Ada banyak faktor yang memengaruhi sebuah bangunan berkualitas baik atau tidak. Salah satunya adalah kualitas bahan atau material yang dipilih.

Untuk mendapatkan bangunan yang baik dibutuhkan material bangunan dengan kualitas terbaik pula.

Oleh karena itu, Anda harus jeli dalam memilih material untuk bangunan yang akan dibuat. Jika salah memilih, maka bangunan tidak akan bertahan lama.

BACA JUGA: Tips OOTD Wanita Muslim Yang Stylish dan Tetap Elegan

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan saat memilih bahan bangunan:

Pilihlah Material dengan Kualitas Terbaik

Setiap material bangunan dengan kualitas terbaik mempunyai beberapa ciri. Hal ini bisa menjadi patokan Anda saat memilih.

1.    Besi

Besi merupakan material bangunan yang paling esensial. Material ini mempunyai peran yang cukup krusial. Oleh karena itu, Anda harus pilih besi dengan kualitas terbaik. Besi beton yang beredar dipasaran ada beberapa jenis, yakni 6, 8, 10, dan 12. Biasanya ada yang kurus dan ada juga yang full atau gemuk. Pilihlah besi dengan yang sesuai dengan anggaran dan tipe bangunan yang akan Anda buat.

2.    Kayu

Berbeda dengan besi, kayu merupakan material alami yang mempunyai banyak pilihan. Setiap jenis kayu biasanya memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri yang harus Anda pahami. Untuk bangunan, pilihlah jenis kayu yang tidak mengandung racun, kuat, dan mudah dibentuk. Selain itu, gunakanlah kayu yang memiliki kadar air di bawah kisaran 20%.

3.    Batu bata

Batu bata mempunyai fungsi yang cukup krusial untuk sebuah bangunan, yakni untuk membentuk dinding bangunan. Untuk mendapatkan dinding bangunan dengan kualitas terbaik, kebanyakan orang menggunakan bata merah. Bata merah dapat menyerap panas dengan baik sehingga suasana dalam rumah menjadi lebih sejuk.

Batu bata merah yang baik memiliki tekstur yang keras, berukuran sedang, dan tidak mudah retak. Untuk mengecek kekuatan batu bata, kamu bisa mengetuknya dengan potongan besi. Apabila suara yang dihasilkan terdengar nyaring, makan bata merah tersebut memiliki kualitas yang baik.

4.    Pasir

Untuk mendapatkan bangunan dengan kualitas terbaik diperlukan pasir dengan kualitas terbaik pula. Pasir yang baik adalah pasir yang terbebas dari unsur lain, seperti lumpur, tanah, dan sampah. Penggunaan pasir yang mengandung unsur-unsur tersebut akan melemahkan struktur bangunan dan pemborosan penggunaan semen.

5.    Semen

Semen digunakan untuk membuat pondasi, plesteran, acian, pemasangan keramik, dan lain sebagainya. Semen dengan kualitas baik mempunyai tekstur yang sangat lembut dan butirannya bisa terurai saat dipegang. Hindari penggunaan semen yang menggumpal dan terlihat kasar. Agar lebih aman, Anda bisa menggunakan semen dari merek terkenal.

6.    Genteng

Saat ini ada beberapa jenis genteng yang beredar di pasaran. Setiap jenis memiliki harga dan tampilan yang berbeda. Kualitas yang ditawarkan juga berbeda satu sama lain. Oleh karena itu Anda harus cermat dalam memilih. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika memilih genteng.

Pilihlah genteng yang sesuai dengan kekuatan rangka bangunan yang digunakan. Sebaiknya pilih genteng dengan bobot yang tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan.

Pilihlah genteng dengan kondisi fisik yang bagus alias tidak rusak. Genteng yang retak sangat beresiko terjadinya kebocoran karena air hujan yang merembes dan menetes ke dalam rumah. Jangan ragu untuk melakukan pengecekan secara acak untuk memastikan genteng benar-benar bagus.

Bangunan dengan Kualitas Terbaik
Dok. Net

Sesuaikan Bahan Bangunan dengan Kondisi Cuaca di Lokasi

Tidak semua jenis bahan bangunan bisa digunakan di berbagai kondisi cuaca.

Jika Anda membangun rumah di daerah pinggir pantai dan sering terpapar matahari, maka jangan menggunakan material yang menyerap panas, seperti metal.

Pilihlah material yang dapat memberikan kesejukan bagi penghuni rumah.

Selain mengikuti cara di atas, Anda juga bisa mendapatkan bahan bangunan berkualitas baik dengan cara belanja di marketplace bahan bangunan, UKUR.

UKUR merupakan toko material online yang menyediakan beragam produk dan kebutuhan konstruksi, seperti aneka bahan bangunan dan produk interior.

Konsumen hanya perlu download dan buka aplikasi UKUR untuk mencari bahan bangunan dan produk interior yang diperlukan.

Toko bangunan yang berjualan di UKUR sudah melalui tahap verifikasi yang matang, sehingga konsumen dapat berbelanja dengan mudah, aman, dan nyaman.

Selain itu, toko bangunan di aplikasi ini juga menawarkan produk dengan kualitas terbaik. Beberapa toko bangunan di UKUR bahkan menyediakan jasa pemasangan oleh tim profesional.

Tidak hanya itu, untuk kenyamanan konsumen, UKUR juga telah bekerjasama dengan berbagai layanan pengiriman dan bank ternama di Indonesia.

Tersedia berbagai pilihan metode pembayaran, termasuk pembayaran dengan cicilan 0%.

Kehadiran UKUR tentunya sangat membantu pemilik toko bahan bangunan untuk bangkit pasca pandemi Covid-19.

Saat ini mereka tidak hanya bergantung pada transaksi offline di toko, tapi juga bisa secara online melalui aplikasi UKUR. Secara tidak langsung, dengan begini tentunya akan memperlebar market mereka. (*)