ACEHSATU.COM | FOOD –  Bakso Goreng atau dikenal dengan basreng menjadi makanan yang cukup digemari belakangan ini. Bagi mereka yang khawatir akan kebersihan dari makanan yang satu ini, ada baiknya membuat sendiri di rumah sehingga kebersihan dan kesehatan makanan terjamin.

Untuk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 08.00 WIB. Berikut cara mengolahnya.

Bahan 2 (haluskan)
7 siung bawang putih
1 sdt Ladaku Merica Bubuk
¼ sdt Desaku Kunyit Bubuk
2 sdt sdt garam

Bahan 3:
150 – 175 g air sesuai kadar kekeringan tepung
350 g tepung sagu/kanji/tapioka
750 ml minyak goreng
Saus cabe dan saus tomat secukupnya

Cara membuat:
Campur bahan 1 dan bahan 2 dengan setengah dari jumlah air yang digunakan, ratakan dengan tangan hingga terasa membal dan halus. Masukkan ¼ bagian sisa air, aduk dengan ujung tangan hingga adonan terasa ringan.

Masukkan ¼ tepung sagu yang digunakan, aduk dengan ujung tangan (tidak boleh di adoni). Masukkan sisa air secara perlahan, lalu adoni lagi hingga terasa ringan di tangan. Lakukan terus menerus hingga air dan tepung habis.

Panaskan minyak hingga cukup panasnya. Bulatkan dengan tangan seperti membuat bakso, lalu goreng. Lakukan dengan cepat hingga wajan untuk mengoreng terisi cukup penuh dengan bakso. Aduk dan goreng hingga kuning keemasan.

Angkat dan tiriskan, tusuk dengan tusuk sate 2 atau 3 basreng (atau bisa disajikan tanpa ditusuk).

Sajikan dengan saus cabe dan saus tomat. Selamat menikmati!

Tentang Admin

ACEHSATU.COM adalah media siber berbasis di Aceh, didirikan pada 30 Juli 2015 di bawah PT. Aceh Satu Media.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *