Cakra 19 Latih Tari Ratoh Jaroe dan Ranup Lampuan Remaja Putri Kecamatan Mesjid Raya

0
4

ACEHSATU.COM | ACEH BESAR – Bertujuan meningkatkan keterampilan kesenian tari tradisional Aceh serta tari kreasi baru Aceh, Cakra 19 latih remaja putri Kecamatan Mesjid Raya, Kamis (28/2/2019).

Sejumlah 101 hadirin beserta penampil dalam kegiatan persembahan tarian oleh remaja putri di Kec. Mesjid Raya tampak sangat antusias menikmati pertunjukan.

Para penari setelah mendapatkan pelatihan selama ini dari para pelatih tari selanjutnya menggelar pertunjukan kesenian tari pada Minggu sore,  24 Februar 2019.

Pelatihan serta gelar tari di Kabupaten Aceh Besar tersebut diprakarsai oleh Tim Relawan Jokowi Cakra 19 Dapil 1 Aceh bekerja sama dengan sanggar tari “Kemuning” remaja putri, tokoh masyarakat dan para ibu PKK.

Melalui kata sambutan yang disampaikan oleh Jawir yang mewakili Tim Cakra 19 Kab Aceh besar disampaikan tujuan Tim Cakra 19 Aceh mengadakan pelatihan tari kepada remaja putri adalah meningkatkan keterampilan.

“Berbagai aktifitas positif dan kreatif seperti pelatihan tarian Aceh seperti ini telah berlangsung selama ini, hal ini termasuk suatu prestasi pemerintahan Jokowi yang sudah cukup banyak di Indonesia,” papar Jawir.

Prestasi Jokowi sudah dapat dibuktikan dengan dikucurnya dana desa senilai Rp 1.2 Milyar per desa pertahun, program PKH (Program Keluarga Harapan).

“Bahkan di masa pemerintahan Jokowi berhasil ditetapkan “Hari Santri Nasional” setiap tanggal 22 Oktober mulai tahun 2015”, papar Jawir melanjutkan.

Dari keterangannya dihadapan hadirin, Jawir menjelaskan bahwa ke depan akan dibentuk Dirjen Pesantren di Departemen Agama.

Dana untuk pesantren sudah dinaikkan, ijazah dari Pesantren disamakan dengan Sekolah Negri oleh Kemendikbud.

Salah satu dari peserta yang selama ini mengikuti secara aktif kegiatan pelatihan tari kerjasama antara Sanggar Tari Kemuning dengan Cakra 19, Rita sekaligus selaku perwakilan masyarakat Kec. Mesjid Raya menyampaikan apresiasi atas telah terselenggaranya kegiatan kesenian tersebut.

“Kami atas nama masyarakat Kec. Masjid Raya mengucapkan terima kasih kepada Cakra 19 Aceh yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan tari khas Aceh dan berdoa serta mendukung Calon Presiden Jokowi Makruf pada Pilpres 17 april 2019,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here