Buruan, Begini Syarat dan Cara Cairkan Dana Insentif Rp2,4 Juta bagi Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 Juta

ilustrasi rupiah

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan kini setidaknya sedikit dapat bernafas lega. Pasalnya, di tengah situasi sulit akibat pandemi, pemerintah telah menyiapkan insentif khusus sebesar Rp. 2.400.000. Angka tersebut adalah total penerimaan insentif dari pemerintah dengan rincian Rp 600 ribu per bulan. Bagaimana cara cairkan dana insentif tersebut ? dan apa saja syaratnya ?

Dana insentif tersebut berbeda dengan bantuan langsung tunai selama pandemi Covid-19.Sebelumnya diberitakan ACEHSATU.COM, Pemerintahan Joko Widodo tengah menyiapkan skema pemberian insentif khusus bagi para pekerja dengan upah Rp 5 juta per bulan berupa cash transfer sebesar Rp 2,4 juta.

Penerima insentif ini diperkirakan mencapai 13 juta pekerja dengan anggaran yang disiapkan adalah sebesar Rp 31 triliun.

Melansir Antara, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu mengatakan pemerintah akan memberikan insentif bagi pekerja dengan upah Rp5 juta per bulan yaitu berupa cash transfer sebesar Rp2,4 juta per orang.

“Pemberian insentif atau cash transfer ke pekerja yang penghasilannya Rp5 juta per bulan. Besarannya itu akan bergerak sekitar Rp2,4 juta per orang,” katanya dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Informasi Cara Cairkan Dana Insentif Pemerintah dari Akun Twitter BPJSTK
Penjelasan Cara Cairkan Dana Insentif Pemerintah | Akun twitter BPJSTKInfo

Syarat Penerima

Para pekerja yang akan memperoleh insentif merupakan pekerja yang memiliki iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Rp150ribu per bulan atau yang bergaji di bawah Rp5 juta perbulan.

Dana yang akan diberikan pemerintah tersebut terhitung sejak bulan September.

Berdasarkan keterangan pejabat terkait, bantuan senilai Rp 600 ribu per bulan akan diberikan selama 4 bulan yang pencairannya dilakukan dalam dua kali penyaluran.

Sehingga total dana yang akan diterima pekerja berjumlah Rp2,4 juta.

Hal ini sesuai dengan informasi yang disebar oleh BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek melalui akun Twitter resminya, @BPJSTKInfo yang dilihat ACEHSATU.COM pada Minggu (9/8/2020) hari ini.

Informasi Diterima Dari Akun Twitter BPJSTKInfo

Dari halaman resmi informasi BPJS Ketenagakerjaan didapat informasi sebagai berikut :

Informasi Cara Pencairan Insentif COVID-19 untuk Karyawan dengan Gaji dibawah 5 juta

“Sahabat, udah pada tau belum kalo Pemerintah akan berikan Bantuan Subsidi Gaji bagi peserta BPJAMSOSTEK yang masih aktif, dengan upah dibawah Rp5 juta perbulan, berdasarkan data upah dilaporkan dan tercatat di BPJAMSOSTEK?”

Twitter BPJSTKinfo

“Yups, pemerintah saat ini sedang memfinalisasi skema, mekanisme dan kriteria bantuan subsidi gaji, berdasarkan data kepesertaan dari BPJAMSOSTEK dan lembaga lainnya.”

Twitter BPJSTKinfo

“Nah saat ini BPJAMSOSTEK dlm proses mengumpulkan data nomor rekening peserta yang memenuhi kriteria dimaksud melalui kantor cabang di seluruh Indonesia.”

Twitter BPJSTKinfo

Pemerintah juga akan memvalidasi lagi data yang disampaikan BPJAMSOSTEK. Tujuannya, untuk memastikan bantuan ini tepat sasaran”

Twitter BPJSTKinfo

“So, tunggu apalagi Sahabat ? Ayo segera minta HRD Perusahaan sampaikan nomor rekeningmu ke BPJAMSOSTEK.”

Twitter BPJSTKinfo

BACA JUGA : Pemerintah Siapkan Insentif Sebesar 2,4 Juta

Cara Cairkan Dana Insentif Pemerintah

Dari rangkuman informasi yang disampaikan oleh akun Twitter BPJSTKinfo tersebut tim Aceh Satu menyimpulkan cara untuk mencairkan dana insentif bantuan pemerintah untuk pegawai dengan gaji dibawah 5 juta rupiah adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan data kita terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran sebesar 150 ribu rupiah perbulan atau dinyatakan sebagai karyawan dengan gaji kurang dari 5 juta rupiah.
  2. Program bantuan ini tidak berlaku untuk karyawan BUMN, ini adalah bantuan pemerintah untuk karyawan swasta.
  3. Setelah memastikan data terdaftar di BPJS TK dengan ketentuan no.1 sampaikan informasi rekening bank anda ke pihak HRD di perusahaan anda agar diserahkan ke BPJS TK
  4. Setelah data divalidasi proses pencairan ke rekening karyawan akan dilangsungkan berkala.

Nah sekarang sudah tahu kan tentang syarat dan cara cairkan dana insentif . Buruan diurus. (*)