Bursa Cawagub Aceh, Ini Sosok Usulan PDIP

Bursa Cawagub Aceh
Muslahuddin Daud. Dok PDIP Aceh.

Bursa Cawagub Aceh

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Bursa Cawagub Aceh kian bermunculan. PDIP sudah menggelar rapat pleno untuk membahas calon wakil gubernur (Cawagub) Aceh sisa masa jabatan 2017-2022.

Ketua DPD PDIP Aceh Muslahuddin Daud dijagokan untuk mendampingi Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

“Terkait Cawagub, DPD PDIP Aceh telah melakukan rapat pleno hari Selasa kemarin dan memutuskan mengusung dua kategori internal dan eksternal. Secara internal diusung saya,” kata Muslahuddin saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (13/11/2020).

Untuk eksternal muncul dua nama antara lain Muhammad Sulaiman dan Muharuddin. Menurut Muslahuddin, nama yang diusulkan DPD tersebut bakal diserahkan ke DPP PDIP untuk diputuskan.

“Secara kepartaian DPD hanya merekomendasikan ke DPP, keputusan resmi ada di sana. DPD lebih banyak melakukan profiling saja,” ujarnya.

Bursa Cawagub Aceh
Muslahuddin Daud. Dok PDIP Aceh.

Sebelumnya, Nova resmi dilantik sebagai Gubernur Aceh pada Kamis (5/11). Pelantikan dihadiri langsung oleh Mendagri Tito Karnavian.

Nova yang sebelumnya menjabat Plt Gubernur Aceh dilantik untuk menggantikan Irwandi Yusuf, yang dipecat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Irwandi dipecat setelah putusan kasus korupsinya inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

Nova menyerahkan urusan cawagub ke partai pengusungnya saat pilkada, yakni Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Demokrat, Partai Damai Aceh (PDA), PKB, serta PDIP.

“Cawagub itu domainnya partai pengusung. Nanti akan ada forum yang membahas ini di kalangan partai pengusung,” kata Nova kepada wartawan, Rabu (11/11).

Cawagub Aceh kini ramai jadi permbicaraan menyusul Nova Iriansyah resmi dilantik sebagai Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2022.

Nova menyatakan menyerahkan pemilihan calon Wakil gubernur (cawagub) yang bakal mendampinginya kepada partai pengusung.

“Cawagub itu domainnya partai pengusung. Nanti akan ada forum yang membahas ini di kalangan partai pengusung,” kata Nova kepada wartawan, Rabu (11/11/2020).

Pembahasan calon wakil gubernur bakal dilakukan lima partai pengusung saat Nova maju Pilkada bersama Irwandi Yusuf. Kelima partai tersebut adalah Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Demokrat, Partai Damai Aceh (PDA), PKB, serta PDIP.

“Jadi ada lima partai pengusung, nanti akan ada format yang disepakati bersama oleh partai pengusung. Itu domainnya partai pengusung,” jelas Nova. (*)