Bupati Bireuen Terima Penghargaan Bintang Legiun Veteran

Penghargaan Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia diberikan kepada Bupati Bireuen, dalam peringatan HUT LVRI ke 64 tingkat Provinsi Aceh, Kamis (07/01/2021) pagi digelar di Aula Setdakab Lama, Kabupaten Bireuen.
Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi menerima penghargaan Bintang Legiun Veteran RI diserah Ketua DPD LVRI Aceh, Kolonel (Purn) HM Djafar Karim, Kamis (07/01/2021) pagi. (Foto : Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

Bupati Bireuen Terima Penghargaan Bintang Legiun Veteran

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Penghargaan Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia diberikan kepada Bupati Bireuen, dalam peringatan HUT LVRI ke 64 tingkat Provinsi Aceh, Kamis (07/01/2021) pagi digelar di Aula Setdakab Lama, Kabupaten Bireuen.

Penghargaan dari ketua umum DPP LVRI Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun, diserahkan ketua LVRI Aceh Kolonel (Purn) HM Djafar Karim, disaksikan pejabat forkopimda, kepala SKPK, pengurus LVRI dan Pemuda Panca Marga kabupaten/kota di Aceh.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi mengucapkan terimakasih dan juga merasa sangat terharu, dan bangga dapat memperoleh penganugerahan bintang legiun veteran tersebut.

Tentunya semoga dapat terus saya jaga,  perlihara, juga membesarkan keberadaan LVRI dulu pada zamannya, telah mengukir prestasi yang luar biasa mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia.

Disamping itu, Bupati menyampaikan selama ini terus menjalin komunikasi dengan ketua LVRI Bireuen AR Djuli dan meminta untuk menuliskan bagaimana latar belakang sejarah Bireuen dijuluki sebagai Kota Juang.

Untuk mengaktualisasi sejarah tersebut, Bupati dalam sambutan diacara syukuran HUT LVRI ke 64, juga mengatakan telah minta izin dengan tokoh pendiri Bireuen, Pendopo Bupati akan dijadikan mesium sejarah perjuangan Bireuen.

Selain disedia ruangan adat menampilkan berbagai foto terkait kekayaan khasanah budaya Aceh, khususnya Bireuen, disetiap ruangan menampilkan foto perjuangan Aceh mempertahankan kemerdekaan di Medan Area, dan foto-Presiden Sukarno ketika berada di Aceh.

Diharapkan keberadaan mesium tersebut sehingga nantinya anak-anak generasi penerus kita dapat mengetahuinya latar belakang sejarah Bireuen sebagai Kota Juang, ungkap Bupati Muzakkar A Gani.

Sebelumnya, Ketua LVRI Aceh Kolonel (Purn) HM Djafar Karim mengatakan, atas keberhasilan dan kegigihannya dalam memperhatikan LVRI selama ini, dalam HUT LVRI ke 64, DPP LVRI memberikan penghargaan Bintang Legiun Veteran RI kepada Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi.

Peringatan HUT LVRI ini terlaksana juga atas kepedulian dari Pemerintah Daerah.

“Di Aceh baru ada tiga yang menerima penghargaan bintang legiun veteran yaitu saya Ketua DPD LVRI Aceh, Bupati Aceh Tengah dan Bupati Bireuen,” jelas ketua LVRI Aceh.

Disampaikannya juga untuk peringatan HUT LVRI di Bireuen ada yang istimewa yaitu, sudah adanya pengurus daerah Pemuda Panca Marga (PPM) di Aceh dan Kabupaten Kota, seperti dari Sigli, Bireuen, Aceh Timur, Langsa, Takengon, dan Bener Meriah. (*)