Bupati Aceh Utara Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir Selama 15 Hari

ACEHSATU.COM | Aceh Utara,- Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib mengeluarkan Surat Keputusan Nomor: 360/1/2022 tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Penanganan Bencana Alam Banjir tertanggal 02 Januari 2022. Penerapan status tanggap bencana banjir disebabkan banjir yang melanda Aceh Utara semakin meluas dan menyebabkan sedikitnya ada 24.332 ribu jiwa mengungsi, ujar Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf … Read more

ACEHSATU.COM | Aceh Utara,- Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib mengeluarkan Surat Keputusan Nomor: 360/1/2022 tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Penanganan Bencana Alam Banjir tertanggal 02 Januari 2022.

Penerapan status tanggap bencana banjir disebabkan banjir yang melanda Aceh Utara semakin meluas dan menyebabkan sedikitnya ada 24.332 ribu jiwa mengungsi, ujar Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf Atau lebih Akrab disapa Sidom Peng Kepada Wartawan pada Senin (03/01/2022).

“Banjir kali ini juga ikut memakan korban jiwa yaitu  seorang anak berusia 12 tahun terbawa arus banjir, hingga menyebabkan meninggal”,  ujar Sidom Peng. 

Penetapan status tanggap darurat banjir berlaku sejak kemarin 2 Januari 2022 hingga 15 hari kedepan,  setalah itu nantinya akan dievaluasi kembali. 

Selain itu, kata Sidom Peng, Kebijakan tanggap darurat diambil mengingat banjir terjadi hampir setiap tahun dan supaya pemerintah Provinsi dan Pusat dapat menganggarkan anggaran darurat  untuk membantu bencana banjir di Aceh Utara yang semakin parah.

Selain itu,  lanjut Fauzi Yusuf , pihaknya juga sedang mendata beberapa tanggul yang jebol dan data lainnya untuk penyempurnaan data banjir Aceh Utara. 

Ia berharap kedepan tidak terjadi hujan deras di kawasan pegunungan Kabupaten Bener Meriah yang berbatasan dengan Aceh Utara, ” Jika terjadi hujan lebat di Bener Meriah makan kita khawatirkan akan banjir akan lebih meluas,  untuk itu kita himbau warga untuk selalu waspada.

Fauzi Yusuf juga mengungkapkan,  bantuan masa panik telah disalurkan kebeberapa titik pengungsi di Aceh Utara. 

“Saat ini bantuan masa panik difokuskan kepasa anak anak dan balita serta kaum ibu dan lansia”,  ungkap Fauzi Yusuf

Fauzi Yusuf juga telah mengecek bantuan ke gudang Dinas Sosial dan BPBD Aceh Utara dan selama ini bantuan tersalurkan,  sementara untuk kesedian logistik hingga besok masih ada dan akan disalurkan ke posko pengungsi dengan berkoordinasi dengan pihak kecamatan sehingga bantuan tersalurkan dengan baik.

Kendala yang dihadapi, kata Fauzi Yusuf, pemadaman listrik yang terjadi di beberapa Kecamatan menjadi sebuah kendala baginya dalam menyalurkan bantuan khususnya pada malam hari, namun ia menyadari bahwa keputusan PLN itu sudah tepat,  karena untuk menghindari hal hal yang tidak kita inginkan terjadi. 

AcehSatu Network
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Optio, neque qui velit. Magni dolorum quidem ipsam eligendi, totam, facilis laudantium cum accusamus ullam voluptatibus commodi numquam, error, est. Ea, consequatur.