Breaking News: Pemudik yang Masuk ke Aceh Akan Jalani Rapid Test

Pemudik yang Masuk ke Aceh Akan Jalani Rapid Test

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH — Polda Aceh membuat empat pos check point di perbatasan Aceh-Sumatera Utara (Sumut) untuk memperketat pemudik masuk ke Tanah Rencong.

Pos tersebut dibuat selama Operasi Ketupat 2020 berlangsung.

“Sasaran Operasi Ketupat tahun ini yaitu larangan mudik bagi masyarakat untuk merayakan Idul Fitri dengan menempatkan Pos Check Point di perbatasan Aceh-Sumatera Utara, yaitu wilayah Aceh Tamiang, Subulussalam, Aceh Tenggara, dan Singkil,” kata Dirlantas Polda Aceh Kombes Dicky Sondani kepada wartawan, Senin (27/4/2020).

Personel dalam Operasi Ketupat tersebut melibatkan TNI, Dinas Perhubungan, PU, Balai Jalan, Basarnas, BP POM, Jasa Raharja, dan Satpol PP. Menurut Dicky, saat ini warga yang pulang kampung antar kabupaten masih dibolehkan.

Namun, bila ditemukan pemudik dari luar Aceh, jelasnya, diimbau agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Petugas gabungan di sana juga mengecek suhu tubuh semua penumpang yang masuk ke Tanah Rencong.

“Dinas Kesehatan akan melakukan rapid test,” jelas Dicky.

Sementara itu, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian mengatakan pengawasan dan pengecekan terhadap penumpang di perbatasan Aceh Tamiang-Sumut diperketat. Pengecekan dilakukan di Posko Terpadu Pemda di Terminal Kuala Simpang.

“Semua kendaraan wajib masuk dan dilakukan pengecekan, penumpang wajib turun dan dilakukan pengecekan suhu tubuh, serta masuk ke bilik penyemprotan antiseptik yang telah disiapkan oleh Pemkab Aceh Tamiang,” kata Zulhir dikutip dari detikcom.

Zulhir menjelaskan, bila ditemukan penumpang dengan suhu tubuh di atas 38 derajat, akan dilakukan pengecekan di RSUD Aceh Tamiang. Sementara penumpang dari luar Aceh atau luar kota akan didata dan diimbau melakukan isolasi mandiri begitu tiba.

“Data atau alamat pendatang akan dikirimkan ke Polres atau Polsek setempat untuk dilakukan pemantauan terhadap pendatang yang baru masuk ke Provinsi Aceh,” ujarnya.

Saat ini, kasus positif Corona di Aceh berjumlah sembilan kasus. Empat orang di antaranya dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia. (*)