Breaking News : Pasien Covid Melonjak di Tamiang, Ruang Pinire Penuh, Stok Oksigen Menipis

Seminggu terakhir kasus warga yang terpapar Covid di Aceh Tamiang bertambah drastis membuat ruang panire Rumah Sakit Umum (RSUD) Aceh Tamiang penuh bahkan pihak rumah sakit sudah menyulap ruang kelas 3 yang biasanya digunakan untuk perawatan pasien sakit biasa kini berubah fungsi menjadi ruang pinere.
covid
Ruang Pinire RSUD Aceh Tamiang. Rabu (11/8/2021) acehsatu.com/ist

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG  – Seminggu terakhir kasus warga yang terpapar Covid di Aceh Tamiang bertambah drastis membuat  ruang panire Rumah Sakit Umum (RSUD) Aceh Tamiang penuh bahkan pihak rumah sakit sudah menyulap  ruang kelas 3  yang biasanya digunakan untuk perawatan pasien sakit  biasa kini berubah fungsi menjadi ruang pinere.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid  Aceh Tamiang , Agusliya Devita STTP MSi  kepada acehsatu.com, Rabu (11/8/2021) mengatakan, hingga malam ini kapasitas ruang pinere sudah overload dan terbatas, sementara RSU yang menangani pasien covid di kabupaten ini hanya RSU milik pemerintah yakni  RSUD Aceh Tamiang.

“RSUD kita cuma satu, kalau pasien melonjak, maka pelayanan RSUD akan kewalahan dan tidak maksimal,” ujar Devi

Lanjutnya, sementara RSU rujukan lainnya untuk sementara menolak  penanganan pasien dari luar daerah karena pasien yang dirawat  karena terpapar covid di RSU tersebut juga penuh. Akibat bertambahnya warga yang dirawat karena terpapar Covid-19 berdampak terhadap kebutuhan oksigen di RSUD Aceh Tamiang  berkurang.

“Info dari Direktur RSUD Tamiang pasokan oksigen juga terbatas, jika bertambah lagi pasien Covid dikhawatirkan kebutuhan oksigen  tidak ada lagi,” tambah Devi lagi.

covid
Juru bicara Satgas Penanganan Covid Aceh Tamiang , Agusliya Devita STTP MSi

Devi berharap, masyarakat Aceh Tamiang untuk bersama membantu Satgas penanganan Covid Aceh Tamiang  agar  lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yakni memakai masker saat berada diluar rumah, menjaga jarak dengan menghindari kerumunan dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir atau menggunakan sanitezer

“Kalau semua masyarakat tingkat imunnya tinggi dan bisa menjaga disiplin kesehatannya, setidaknya bila terpapar tidak harus dirawat di RSUD, cukup dengam isolasi mandiri dirumah saja,namun sebaliknya, dikhawatirkan bila kasus warga yang terpapar Covid bertambah atau banyak yang positif dengan kondisi imun yang rendah, maka akan banyak yang harus dirawat di RSUD,” jelas Devi.

Ini Dia Rincian Data Warga yang Terpapar Covid di Aceh Tamiang

Sampai malam ini,  pasien Covid-19 yang diobservasi/dirawat di ruang pinire RSUD Aceh Tamiang sebanyak 36 orang dengan rincina pasien lama 20 orang dan pasien baru  bertambah sebanyak  17 orang. Ke 36 pasien covid ini ditempatkan dan dirawat di ruang pinere 1 sebanyak  24 orang dan yang dirawat  di ruang pinere 2 sebanyak 12 orang.

Tabel data Covid-19 Aceh Tamiang Rabu (11/8/2021) /Satgas Covid Aceh Tamiang

Kasus Bertambah

Informasi yang diperoleh pihaknya sore hari ini lanjut Devi, kasus warga yang terpapar Covid -19 di Aceh Tamiang  bertambah lagi  sebanyak sembilan orang  berasal dari Kecamatan Karang Baru  sebanyak  empat  orang, Kecamatan Kejuruan Muda satu orang, Rantau satu orang, Kualasimpang dua orang  dan Manyak Payed satu orang.

“ Total warga yang masih terkonfirmasi positif covid 19 di Aceh Tamiang sebnayak  156 orang,” pungkas Devi mengakhiri (*)