BREAKING NEWS: Jalan Lintas Nasional Banda Aceh-Meulaboh Lumpuh Total

BREAKING NEWS: Jalan Lintas Nasional Banda Aceh-Meulaboh Lumpuh Total

ACEHSATU.COM – Hujan deras yang mengguyur Provinsi Aceh menyebabkan longsor di KM 37 Desa Paroy Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Akibatnya, lalu lintas di Jalan Nasional Banda Aceh-Meulaboh (Aceh Barat) lumpuh total.

“Sejak pukul 17.00 WIB jalan di KM 37 Desa Paroy tidak bisa dilewati karena tanah longsor yang selalu jatuh akibat hujan deras,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Dicky Sondani kepada wartawan, Jumat (8/5/2020).

Longsor di sana sudah terjadi sejak Jumat (8/5) pagi. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh sudah mengerahkan alat berat untuk melakukan pembersihan. Pada siang hari, polisi melakukan buka tutup jalan.

Kendaraan baik roda dua dan empat kembali dapat melintas. Namun, karena hujan terus mengguyur, longsor kembali menutupi badan jalan pada sore hari.

Dicky meminta pengguna jalan dari Banda Aceh menuju pantai barat Aceh atau pun sebaliknya untuk menunda dulu perjalanannya. Polisi dan dinas terkait masih melakukan pembersihan badan jalan.

“Mohon kepada masyarakat tidak melintas Lhoong karena akan terjebak sampai pagi. Karena kemungkinan besok pagi bisa dilewati,” jelas Dicky.

Selain longsor, hujan yang mengguyur sejak Kamis (7/5) kemarin juga menyebabkan banjir di Banda Aceh. Hampir seluruh wilayah di ibu kota provinsi Aceh terendam banjir.

Hingga malam tadi, air masih menggenangi jalan desa dan sejumlah rumah warga. Belum diketahui jumlah rumah masyarakat yang terendam. (*)