BREAKING NEWS: Dua Warga Langsa Positif Corona

BREAKING NEWS: Dua Warga Langsa Positif Corona

ACEHSATU.COM | LANGSAKasus covid-19 di Aceh memasuki babak baru. Transmisi lokal diduga menjadi faktor utama penyebaran virus mematikan itu.

Terbaru, dua warga Kota Langsa yang berdomisili di wilayah Kecamatan Langsa Barat, berinisial R (40) dan H (20), dinyatakan positif covid-19.

Keduanya dinyatakan positif setelah keluar hasil swab test.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Langsa, Yanis Prianto, Rabu (29/07/2020), mengatakan, pasien terkonfirmasi pasitif covid-19 berinisial R, setelah dilakukan swab test.

Dijelaskan Yanis, awalnya R datang ke RSUD Langsa untuk melakukan kontrol ulang keadaan kesehatannya, pada Jumat (24/07/2020) sekitar pukul 14.20 WIB.

Dengan hasil cek kesehatan di RSUD Langsa, pasien R mengalami Anamnesa.

Pada beberapa waktu sebelumnya, R melakukan perjalan ke Kota Medan, Sumut.

Riwayat kesehatan R mengalami demam 5 hari terakhir, batuk kering, lemah, dan selama ini keadaan R kurang sehat (sakit) selalu dirawat oleh perawat pribadi di rumah.

“Hasil rontgent thoraks Infiltrat Parenkim paru kanan minimal, dan hasil diagnosa Pneumonia Ringan dan dinyatakan masih suspec covid-19,” ucapnya.

Kemudian, sambung Yanis, pada Selasa (28/07/2020) keluar hasil RT-PCR atau swab test pasien R dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Setelah hasil positif covid-19 terhadap R ini, maka dilakukan koordinasi antara survelen ,UPTD Puskesmas Langsa Kota, RSUD Langsa, dan Dinkes setempat.

Selanjutnya, langsung dilakukan penjemputan R di rumahnya oleh Tim PSC Dinkes, guna perawatan lanjutan di RSUD Langsa.

“Pada Selasa (28/07/2020) pukul 21.40 WIB pasien R tiba di IGD PIE RSUD Langsa, dan kini menjalani perawatan di ruang khusus penanganan pasien covid-19,” jelasnya.

Ini kronologis kasusnya

Sementara untuk pasien H, rinci Yanis, awalnya tanggal 10 Juli 2020 lalu ia dilalukan swab test di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Hasilnya positif covid-19 dengan status kasus konfirmasi.

Selanjutnya, pada tanggal 16 Juli 2020 dilakukan swab ke dua di Jakarta dan hasilnya positif covid-19 dengan status kasus konfirmasi.

Bahkan saat itu, H dilakukan karantina di salah satu rumah sakit di Jakarta.

“Namun ketika dilakukan swab test ketiga tanggal 20 Juli, hasilnya berubah menjadi negatif dengan tanpa gejala,” jelasnya.

Setelah dinyatakan negatif, H diizinkan untuk melakukan perjalanan menuju Kota Langsa, dan melapor ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Namun saat itu H tidak ada keluhan apapun, seperti sesak, batuk, demam.

Saat dirinya sudah berada di Kota Langsa, pada Jumat (24/07/2020) yang bersangkutan dilakukan swab test keempat dengan hasil positif Covid-19.

“Swab test keempat terhadap H, ia dinyatakan positif covid-19 dengan status kasus Konfirmasi swab,” katanya.

Sambung Yanis, karena tidak ada keluhan dan sakit, maka kini H menjalani isolasi mandiri di rumahnya. (*)

LIHAT JUGA: