BREAKING NEWS: Abu Tumin Meninggal Dunia

Abu Tu Min yang memiliki nama lengkap Abu Haji Muhammad Amin dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Umum dr Fauziah Bireuen, sekitar pukul 15.30 WIB, Selasa (27/9/2022).
Elusan Tangan Kapolda Aceh Disaat Abu Tumin Sakit
Kapolda Aceh Irjen Polisi Drs. Ahmad Haydar, S. H., M. M, menyambangi Rumah Singgah RSUD Zainoel Abidin, Banda Aceh, Jum'at (28/1/22) sore.

ACEHSATU.COM | BIREUEN — Abu Tu Min yang memiliki nama lengkap Abu Haji Muhammad Amin dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Umum dr Fauziah Bireuen, sekitar pukul 15.30 WIB, Selasa (27/9/2022).

Informasi meninggalnya ulama kharismatik Aceh ini bertebaran di WAG dan grup media sosial lainnya. Sejumlah pihak langsung mengucapkan ungkapan belasungkawa atas kepergian Abu Tumin.

BACA: Elusan Tangan Kapolda Aceh Disaat Abu Tumin Sakit

Hingga berita ini diterbitkan, jenazah Abu Tumin sedang dibawa ke rumah duka.

Sebelumnya, Abu Tumin pernah beberapa kali dirawat di rumah sakit karena sakit yang dideritanya. Kini, Allah kembali memanggilnya. Selamat jalan penerang umat, semoga Allah memberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya.

Abu Tumin adalah pimpinan Dayah Al Madinatuddiniyah Babussalam Blang-Bladeh, Bireuen ini.

Dayah ini berdiri pada tahun 1890 oleh Tgk H. Imam Hanafiah yang merupakan kakek Abu Tu Min. Abu Tu Min adalah salah satu murid Abuya Muda Waly dan Teungku Hasan Krueng Kalee.

Abu Tu Min adalah seorang ahli fiqh mazhab Syafii dan ahli thariqat Al-Haddadiyah serta sangat menguasai kitab Syarah Al-Hikam karangan Syeikh ‘Ataillah As-Sakandari. (*)