BMKG Minta Masyarakat Aceh Utara dan Sekitarnya Waspada terhadap Potensi Banjir dan Tanah Longsor

tanggul jebol
Banjir merendam sejumlah rumah dan badan jalan di Lhoksukon, Aceh Utara. Jumat (12/11/2021) acehsatu.com/ist

ACEHSATU.COM | Lhokseumawe – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat Aceh Utara dan sekitarnya untuk mewaspadai banjir dan tanah longsor. Menyusul dalam beberapa hari kedepan diperkiraan curah hujan tinggi sehingga akan terjadi potensi hujan diwilayah Aceh Utara dan Sekitarnya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BMKG Stasiun Malikussaleh Lhokseumawe Siswanto di Lhokseumawe pada Kamis (17/11/2021) seperti dilansir Antara

 “Hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada sore hari menjelang malam berpotensi terjadi di Kabupaten Aceh Utara dan sekitarnya meliputi Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Bener Meriah,” ujar Siwanto

Siswanto mengingatkan, potensi hujan tersebut bisa menyebabkan meluapnya sejumlah sungai, sehingga merendam pemukiman penduduk maupun areal pertanian masyarakat.

Selain itu wilayah yang berpotensi tanah longsor seperti dikawasan Bener Meriah dan Aceh Utara diminta masyarakat tetap waspada dalam menghadapi potensi bencana tersebut

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak lengah dan tetap waspada akan potensi bencana alam seperti banjir dan longsor. Kami juga meminta masyarakat meningkatkan mitigasi guna mengurangi dampak yang ditimbulkan jika terjadi bencana,” kata Siswanto.

Selain itu, Siswanto juga mengingatkan masyarakat di pesisir Aceh Utara dan sekitarnya  potensi terjadi gelombang tinggi diperkirakan mencapai setengah hingga satu meter.

“Arah angin umumnya bertiup dari arah barat hingga barat laut dengan kecepatan hingga 20 kilometer per jam. Kami mengimbau nelayan mewaspadai gelombang laut,” pungkas Siswanto.