BMKG Ingatkan Siaga Bencana di Aceh 13 – 20 November

"Kami sampaikan Informasi Siaga Bencana Hidrometeorologi berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang serta dapat menyebabkan bencana banjir dan longsor berlaku pada tanggal 13 – 20 November 2022"
BMKG Aceh
Peringatan dini cuaca ekstrim di wilayah Provinsi Aceh. Peta prakiraan angin. Acehsatu.com/BMKG

ACEHSATU.COM [ BANDA ACEHBadan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Stasiun Meteorologi Kelas 1 Sultan Iskandar Muda Banda Aceh mengingatkan PJ Gubenur Aceh akan adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana banjir dan longsor di Aceh sejak 13-20 November 2022.

Info penting tersebut disampaikan BMKG Aceh kepada Pj Gubenur  dalam surat bernomor : ME.02.04/013/KBTJ/XI/2022 Banda Aceh, 13 November 2022 bersifat penting, perihal Info Siaga Bencana Hidrometeorologi yang di tandatangani Kepala BMKG Aceh, Nasrol Adil tertanggal 13 November 2022.

Disebutkan, sehubungan dengan terdapatnya potensi daerah Sirkulasi Siklonik di sekitaran Timur Aceh yang membentuk daerah pertemuan angin (konvergensi) di seluruh wilayah Propinsi Aceh.

Baca : BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Wilayah Aceh

Kami sampaikan Informasi Siaga Bencana Hidrometeorologi berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang serta dapat menyebabkan bencana banjir dan longsor berlaku pada tanggal 13 – 20 November 2022.

BMKG Aceh
Peringatan dini cuaca ekstrim di wilayah Provinsi Aceh. Peta prakiraan angin. Acehsatu.com/BMKG

Berdasarkan pantauan prakiraan angin lapisan 3000 feet, terdapat potensi daerah sirkulasi siklonik di sekitaran Timur Aceh yang membentuk daerah pertemuan angin (konvergensi) di seluruh wilayah Propinsi Aceh.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan konventif yang dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang untuk wilayah siaga yakni Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Langsa, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Subulussalam.

Baca : BMKG Sinyalkan 13 Kabupaten Provinsi Aceh Status Waspada Satu Kabupaten Siaga Banjir

Sedangkan untuk wilayah waspda, Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Lhokseumawe, Bener Meriah, Aceh Tengah dan Simeulue (*)